Pengaruh Kecerdasan Interpersonal dan Kemampuan Komunikasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Tondano

Authors

  • Gideon Marsel Rindengan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Wensi Ronald Lesli Paat Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Alfrina Mewengkang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

Keywords:

Kecerdasan Interpersonal, Kemampuan Komunikasi, Prestasi Belajar

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh kecerdasan interpersonal dan kemampuan komunikasi terhadap prestasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Tondano. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif ex-post facto. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, serta dokumentasi. Setelah itu data diolah dengan aplikasi SPSS Versi 26. Populasi penelitian yaitu siswa-siswi kelas X yang berjumlah 11 kelas, dengan jumlah seluruh siswa 233. Kemudian sampel penelitian adalah siswa-siswi kelas X Desain Komunikasi Visual A-C (DKV) dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Instrument penelitian menggunakan teknik tes kuesioner (angket). Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh kecerdasan interpersonal (X1) terhadap prestasi belajar (Y) dengan nilai koefisien regresi 763,089, kemampuan komunikasi (X2) terhadap prestasi belajar (Y) 27,727, dan pengaruh kecerdasan interpersonal (X1), dan kemampuan komunikasi (X2) terhadap prestasi belajar (Y) secara bersama-sama 412,071.

ABSTRACT

 The research aims to determine the influence of interpersonal intelligence and communication skills on student learning achievement at SMK Negeri 1 Tondano. This research is an ex-post facto quantitative research. Data collection techniques are interviews, observation, and documentation. After that, the data was processed using the SPSS Version 26 application. The research population was 11 class X students, with a total of 233 students. Then the research sample was class sampling. The research instrument uses a questionnaire test technique (questionnaire). The research results show that there is an influence of interpersonal intelligence (X1) on learning achievement (Y) with a regression coefficient value of 763.089, communication skills (X2) on learning achievement (Y) 27.727, and the influence of interpersonal intelligence (X1) and communication skills (X2) on learning achievement (Y) collectively 412,071.

References

Amalia, R. (2017). Hubungan kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa Madrasah Ibtidaiyah Alma’arif 08 Singosari-Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Dzikry, M. (2020). Memahami Jenis Teknologi Layanan Jaringan Internet Berbasis Lua. Jakarta: Web Online.

Forijad. (2009, Agustus 5). Penelitian dan Evaluasi Belajar. Karya Bersama, pp. 50-80.

Gozali, Y. W., Soekresno, D., & Aprilia, A. (2016). Analisa pengaruh faktor kualitas makanan, kualitas layanan, dan mood terhadap pemberian tip di Duck King Restoran Galaxy Mall Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 4(1), 138-157.

Manalu, L. M. B. (2014). PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS KOMUNIKASI ANTARPRIBADI SISWA KELAS X-1 SMA NEGERI 1 SALAK KABUPATEN PAKPAK BHARAT TA 2014/2015 (Doctoral dissertation, UNIMED).

Nisa, K., Triwoelandari, R., & Kosim, A. M. (2018). Upaya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pai di kelas vii smp islam al qudwah dengan model pembelajaran inkuiri. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 2(10), 1063-1077.

Pratiwi, N. K. (2015). Pengaruh tingkat pendidikan, perhatian orang tua, dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa indonesia siswa smk kesehatan di kota tangerang. Pujangga: Jurnal Bahasa dan Sastra, 1(2), 31-31.

Purnomo, B. (2011). Metode dan Teknik Pengumpulan Data dalam Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Jurnal Pengembangan Indonesisa.

Sa'diyah, S. S. (2019). Budaya penggemar di era digital. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1).

Santrock, J. W. (2007). Perkembangan anak edisi 11. Jakarta: Erlangga

Downloads

Published

2023-10-01

How to Cite

Rindengan, G. M., Paat, W. R. L., & Mewengkang, A. (2023). Pengaruh Kecerdasan Interpersonal dan Kemampuan Komunikasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Tondano. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(5), 709-722. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/edutik/article/view/8910