Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas X 1 SMA Negeri 1 Lembean Timur
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v3i6.8974Keywords:
Hasil belajar, Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Materi LAN, SMA Negeri 1 Lembean TimurAbstract
ABSTRAK< strong>< p>
Tujuan dalam penelitian ini adalah menerapkan model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan hasil belajar informatika siswa kelas X 1 SMA Negeri 1 Lembean Timur sebagai model pembelajaran yang bisa membuat siswa lebih aktif dan termotivasi untuk mengikuti kegiatan belajar Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas PTK yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa Sampel dalam penelitian ini terdiri dari siawa kelas X 1 SMA Negeri 1 Lembean Timur yang terdiri dari 17 siswa diantaranya 9 laki laki dan 8 perempuan Berdasarkan hasil penelitian dari penerapan model pembelajaran berbasis proyek mata pembelajaran Informatika materi TIK sub local area network LAN menunjukkan hasil siklus I yaitu 11 siswa yang tuntas dengan presentase ketuntasan nbsp; hasil belajar sebesar 64 7 dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang tuntas yaitu 15 siswa dengan presentase ketuntasan hasil belajar sebesar 88 2 dari jumlah keseluruhan 17 siswa Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajran berbasis proyek dapat meningkatkan hasil belajar siswa < em>< p>
ABSTRACT< em>< strong>< p>
This research aims to apply a project based learning model to improve the informatics learning outcomes of class X 1 students at SMA Negeri 1 Lembean Timur as a learning model that can make students more active and motivated to take part in learning activities This research includes Classroom Action Research PTK which aims to determine improvements in student learning outcomes The sample in this study consisted of class X 1 SMA Negeri 1 Lembean Timur consisting of 17 students including 9 men and 8 women Based on research results from the application of the project based learning model for the Informatics learning subject ICT sub local area network LAN material it shows that the results of cycle I were 11 students who completed with a percentage of complete learning outcomes of 64 7 and in cycle II there was an increase in student learning outcomes completed namely 15 students with a percentage of complete learning outcomes of 88 2 of the total number of 17 students The conclusion of this research shows that the application of a project based learning model can improve student learning outcomes < em>< p>
References
Astuti D A Haryanto S Prihatni Y 2018 Evaluasi implementasi kurikulum 2013 Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan 6 1 7 14
Al Tabany Trianto 2017 Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif dan Kontektual Jakarta: Kencana
Arikunto 2011 Penelitian tindakan kelas Jakarta: bumi aksara
Arikunto 2009 Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik Jakarta: Rineka Cipta
Daryanto dan Mulyo Rahardjo 2012 Model Pembelajaran Inovatif Yogyakarta: Gava Media
Handayani S Maharani S 2018 Eksperimen model pembelajaran project based learning dan project based learning terintegrasi STEM untuk meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa pada kompetensi dasar teknologi pengolahan susu Jurnal Penelitian Pendidikan 35 1 49 60 http: doi org 10 15294 jpp v35i1 13886 Diakses pada 22 Oktober 2019
Liana M Hamzah S 2022 Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Teknologi Jaringan Berbasis Luas WAN melalui Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Mengunakan Aplikasi QR Code Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 4 1 316 322
Mulyasa 2014 Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013 Bandung: Remaja Rosdakarya
Rusman 2011 Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi : Mengembangkan Profesionalisme Guru Jakarta:Rajawali Pers PT Raja Grafindo Persada
Sugiyono 2014 Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R D Bandung: Alfabeta
Surya A P Relmasira S C Hardini A T A 2018 Penerapan model pembelajaran project based learning PjBL untuk meningkatkan hasil belajar dan kreatifitas siswa kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga Jurnal Pesona Dasar 6 1
Sutirman 2013 Media dan Model Model Pembelajaran Inovatif Yogyakarta: Graha Ilmu
