Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas X.1 SMA Negeri 1 Lembean Timur
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v3i6.8974Keywords:
Hasil belajar, Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Materi LAN, SMA Negeri 1 Lembean TimurAbstract
ABSTRAK
Tujuan dalam penelitian ini adalah menerapkan model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan hasil belajar informatika siswa kelas X.1 SMA Negeri 1 Lembean Timur, sebagai model pembelajaran yang bisa membuat siswa lebih aktif dan termotivasi untuk mengikuti kegiatan belajar. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari siawa kelas X.1 SMA Negeri 1 Lembean Timur yang terdiri dari 17 siswa, diantaranya 9 laki-laki dan 8 perempuan. Berdasarkan hasil penelitian dari penerapan model pembelajaran berbasis proyek mata pembelajaran Informatika materi TIK sub local area network (LAN) menunjukkan hasil siklus I yaitu 11 siswa yang tuntas dengan presentase ketuntasan hasil belajar sebesar 64,7% dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang tuntas yaitu 15 siswa dengan presentase ketuntasan hasil belajar sebesar 88,2% dari jumlah keseluruhan 17 siswa. Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajran berbasis proyek dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
ABSTRACT
This research aims to apply a project-based learning model to improve the informatics learning outcomes of class X.1 students at SMA Negeri 1 Lembean Timur, as a learning model that can make students more active and motivated to take part in learning activities. This research includes Classroom Action Research (PTK) which aims to determine improvements in student learning outcomes. The sample in this study consisted of class X.1 SMA Negeri 1 Lembean Timur consisting of 17 students, including 9 men and 8 women. Based on research results from the application of the project-based learning model for the Informatics learning subject, ICT sub local area network (LAN) material, it shows that the results of cycle I were 11 students who completed with a percentage of complete learning outcomes of 64.7% and in cycle II there was an increase in student learning outcomes. completed, namely 15 students with a percentage of complete learning outcomes of 88.2% of the total number of 17 students. The conclusion of this research shows that the application of a project-based learning model can improve student learning outcomes.
References
Astuti, D. A., Haryanto, S., & Prihatni, Y. (2018). Evaluasi implementasi kurikulum 2013. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 6(1), 7-14.
Al-Tabany, Trianto. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontektual. Jakarta: Kencana
Arikunto. (2011). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: bumi aksara.
Arikunto, (2009). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto, dan Mulyo Rahardjo. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.
Handayani, S., & Maharani, S. (2018). Eksperimen model pembelajaran project based learning dan project based learning terintegrasi STEM untuk meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa pada kompetensi dasar teknologi pengolahan susu. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35 (1), 49-60. http://doi.org/10.15294/jpp.v35i1.13886. Diakses pada 22 Oktober 2019.
Liana, M., & Hamzah, S. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN) melalui Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Mengunakan Aplikasi QR-Code. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 316-322.
Mulyasa. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rusman, (2011) Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta:Rajawali Pers. PT. Raja Grafindo Persada
Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.
Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar dan kreatifitas siswa kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1).
Sutirman. 2013. Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 PTIK

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.