Pengaruh praktek kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII program keahlian Teknik Gambar Bangunan Di SMK N 2 Bombana
DOI:
https://doi.org/10.53682/gj.v4i1.5422Keywords:
praktek kerja , kesiapan kerjaAbstract
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh praktek kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa di Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Bombana yang beralamat di Kecamatan Rumbia Tengah ,Kabupaten Bombana,Sulawesi Tenggara. Penelitian ini termasuk penelitian ex post facto dengan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII teknik gamabar bangunan yang berjumlah 65 orang dan sampel sebanyak 50 siswa.Pengambilan sampel menggunakan teknik sample random sampling,pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi.Angket digunakan untuk mengukur variabel pelaksanaan praktek kerja industry dan kesiapan kerja kepada siswa. Pengolahan data menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dengan uji persyarata analisis yaitu, uji normalitas , uji linieritas, dan uji hipotesis, hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif antara praktek kerja terhadap kesipan kerja siswa yang ditunjukan rxy sebesar(0,5812) koefisien determinasi r²xy sebesar(33,77) dan Thitung (3,532)>Ttabel (1,677).berdasarkan koefisien determinasi r²xy 33,77 yang artinya 34 % kesipan kerja siswa di pengruhi oleh praktek kerja industry sementara sisanya 66% di penagruhi oleh factor lain.
Kata kunci : praktek kerja ,kesiapan kerja
The purpose of this study was to determine the effect of industrial work practices on students' work readiness at the Building Drawing Engineering Skills Competency of SMK Negeri 2 Bombana, which is located in Central Rumbia District, Bombana Regency, Southeast Sulawesi. This research includes ex post facto research with quantitative research. The population of this study was class XII students of the building drawing technique, amounting to 65 people and a sample of 50 students. The sample was taken using a random sampling technique, data collection was carried out using questionnaires and documentation. student. Data processing uses multiple linear regression analysis techniques with analytical requirements test, namely, normality test, linearity test, and hypothesis testing. of (33.77) and Tcount (3.532)>Ttable (1.677). based on the coefficient of determination r²xy 33.77, which means that 34% of student work readiness is influenced by industrial work practices while the remaining 66% is influenced by other factors.