Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) disertai Media Permainan Ular Tangga terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Hidrolisis Garam di SMA Negeri 1 Tompaso
Keywords:
TGT, Snake Stair, Learning Outcomes, Hydrolysis of SaltAbstract
Permasalahan rendahnya hasil belajar kimia siswa disebabkan oleh kurangnya keaktifan dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, selain itu juga karena pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga siswa merasa jenuh selama pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) disertai media permainan ular tangga terhadap hasil belajar siswa materi hidrolisis garam di SMA Negeri 1 Tompaso tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Posttest Only Control Group Design. Sampel yang digunakan adalah kelas XI MIPA 1 sebanyak 25 siswa dan kelas XI MIPA 2 sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar (posttest) dengan instrumen tes berupa soal pilihan ganda dan essay. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan statistik uji-t pada taraf signifikan 0,05 dan diperoleh hasil thitung = 3,827 > ttabel = 2,011 yang menyatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TGT disertai media permainan ular tangga berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrolisis garam.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Smirna Gabrila Goni, Sofia Satriani Krisen
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
General Chemistry JournalĀ is published and distributed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. This license allows anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivatives of this material for any purpose, including commercial interests, as long as they attach credit to the author for the original creation.