Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) disertai Media Permainan Ular Tangga terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Hidrolisis Garam di SMA Negeri 1 Tompaso

Authors

  • Smirna Gabrila Goni Universitas Negeri Manado
  • Sofia Satriani Krisen Universitas Negeri Manado

Keywords:

TGT, Snake Stair, Learning Outcomes, Hydrolysis of Salt

Abstract

Permasalahan rendahnya hasil belajar kimia siswa disebabkan oleh kurangnya keaktifan dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, selain itu juga karena pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga siswa merasa jenuh selama pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) disertai media permainan ular tangga terhadap hasil belajar siswa materi hidrolisis garam di SMA Negeri 1 Tompaso tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Posttest Only Control Group Design. Sampel yang digunakan adalah kelas XI MIPA 1 sebanyak 25 siswa dan kelas XI MIPA 2 sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar (posttest) dengan instrumen tes berupa soal pilihan ganda dan essay. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan statistik uji-t pada taraf signifikan 0,05 dan diperoleh hasil thitung = 3,827 > ttabel = 2,011 yang menyatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TGT disertai media permainan ular tangga berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrolisis garam.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Goni, S. G., & Krisen, S. S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) disertai Media Permainan Ular Tangga terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Hidrolisis Garam di SMA Negeri 1 Tompaso. General Chemistry Journal, 1(2), 44-49. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/general-chemistry/article/view/7531

Issue

Section

Articles