peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model TGT (teams games tournament) pada materi hidrolisis garam di SMA Negeri 1 Kakas
Keywords:
Salt Hydrolysis, TGT (Teams Games Tournament), Learning OutcomesAbstract
Penelitian tindakan kelas ini didasari oleh rendahnya hasil belajar Kimia khususnya pada materi Hidrolisis Garam siswa di SMA Negeri 1 Kakas yang diakibatkan dari masih terdapat siswa yang tidak serius dalam mengikuti pembelajaran karena kegiatan pembelajaran yang dilakukan masih berfokus pada guru dan perhatian siswa masih teralihkan dengan hal-hal diluar pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus, pada siklus I dilaksanakan 3 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti menyimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dapat membuat suasana kelas menjadi menyenangkan sehingga hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II terdapat peningkatan sebesar 25%, yang awalnya presentase ketuntasan pada posttest siklus I hanya mencapai 70%, pada siklus II meningkat sehingga presentase ketuntasan menjadi 95%.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Thenanda Victoria Karepowan, Dessire Adna Rumondor, Emma Julien Pongoh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
General Chemistry Journal is published and distributed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. This license allows anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivatives of this material for any purpose, including commercial interests, as long as they attach credit to the author for the original creation.