PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DASAR DESAIN KOMUNIKASI VISUAL KELAS X DKV SMK NEGERI 1 TONDANO
Keywords:
Project Based Learning, Hasil Belajar, Desain Komunikasi VisualAbstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual pada kelas X DKV di SMK Negeri 1 Tondano menggunakan model Project Based Learning (PjBL) Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X DKV SMK Negeri 1 Tondano. Pengumpulan data dilakukan melalui Pre Test, siklus I, dan siklus II, yang kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif .Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model PjBL efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual di kelas X DKV SMK Negeri 1 Tondano. Pada Pre Test, nilai rata-rata siswa sebesar 62 dengan tingkat ketuntasan sebesar 30%, sedangkan pada siklus 1 nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 68 dengan tingkat ketuntasan sebesar 58%. Pada siklus 2, nilai rata-rata siswa semakin meningkat menjadi 84 dengan tingkat ketuntasan sebesar 88%.Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PjBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual di kelas X DKV SMK Negeri 1 Tondano. Dalam penelitian tindakan kelas ini, guru berperan aktif dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran, sehingga dapat memperoleh umpan balik yang berguna dalam perbaikan pembelajaran di masa yang akan datang. Oleh karena itu, disarankan agar guru dapat mengimplementasikan model PjBL secara konsisten dan terstruktur, serta melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, untuk meningkatkan hasil belajar dan pengalaman belajar siswa di masa yang akan datang.