PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SISWA KELAS X MAK MADANI MANADO
Keywords:
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar.Abstract
Simulasi dan Komunikasi Digital merupakan mata pelajaran baru yang dirancang untuk menggantikan mata pelajaran KKPI pada tingkat SMK/MAK. Penelitian ini dilakukan di MAK Madani Manado yang memberikan mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital pada siswa kelas X. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar Simulasi dan Komunikasi Digital siswa kelas X MAK Madani Manado. Subyek dalam penelitian adalah siswa kelas X yang berjumlah 23 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) di mana data diperoleh setelah di lakukan tindakan berupa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, dilaksanakan dalam dua siklus untuk mencapai ketuntasan belajar secara klasikal yaitu 75% dari siswa kelas X telah memperoleh nilai minimal ≥75. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini berdasarkan data yang diperoleh, pada siklus I dengan hasil sebanyak 12 siswa tuntas belajar dengan presentasi keberhasilan adalah 52% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 21 siswa tuntas belajar dengan presentasi keberhasilan adalah 91% berdasarkan hasil yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pemebelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MAK Madani Manado.
Downloads
Published
Versions
- 2021-02-17 (2)
- 2020-11-09 (1)