This is an outdated version published on 2021-02-17. Read the most recent version.

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR TIK SISWA KELAS VIII SMPN 1 TONDANO

Authors

  • Ekaristi Megama Universitas Negeri Manado

Keywords:

Pengaruh, Model Pembelajaran, Direct Instruction, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh terhadap perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction pada Siswa SMP Negeri 1 Tondano, Kabupaten Minahasa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian Posttest-Only Control Design. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tondano yang berjumlah 307 siswa, dan sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIC (kelas eksperimen) dan siswa kelas VIIIF (kelas kontrol) dengan masing-masing kelas berjumlah 28 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah ttest pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan pengolahan data dan hasil perhitungan menggunakan uji t dengan bantuan aplikasi SPSS, diperoleh thitung (6,202) > ttabel (2,004) dengan mean differences sebesar 19,50. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan hasil belajar TIK antara siswa kelas eksperimen yang mendapat pembelajaran dengan model Direct Instruction dan kelas kontrol yang mendapat pembelajaran dengan metode konvensiona yang berarti terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran Direct Instruction terhadap peningkatan hasil belajar TIK siswa SMP Negeri 1 Tondano

Downloads

Published

2020-11-09 — Updated on 2021-02-17

Versions

Issue

Section

Articles