MEDIA SIMULASI UNTUK PEMBELAJARAN TEKNOLOGI JARINGAN DI SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/ise.v2i1.2239Keywords:
Hasil Belajar, Media Simulasi, Teknologi Jaringan Berbasis LuasAbstract
Media simulasi adalah metode penyampaian pesan dengan menggambarkan sesuatu dalam bentuk tiruan yang mirip dengan keadaan sesungguhnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan media simulasi jaringan Cisco Packet Tracer dengan siswa yang diajarkan menggunakan media simulasi jaringan Boson Netsim pada mata pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah siswa TKJ di SMK Negeri 1 Bitung dengan jumlah sampel yang digunakan berjumlah 40 orang siswa kelas XI TKJ yang terdiri dari 2 kelas, masing-masing kelas terdiri dari 20 siswa. Data yang diambil adalah data hasil posttest melalui instrumen yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan uji normalitas data menggunakan chi kuadrat, kedua kelas berdistribusi normal. Berdasarkan uji homogenitas data menggunakan uji-F, disimpulkan sampel yang diteliti mempunyai varian yang sama atau homogen. Untuk uji hipotesis menggunakan uji-t Polled Varians dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini memberikan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh dimana hasil belajar kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan hasil belajar kelas kontrol. Hasil ini sesuai dengan harapan peneliti yaitu media simulasi Cisco Packet Tracer yang digunakan dalam pembelajaran lebih unggul dibandingkan media simulasi Boson Netsim