MEDIA SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR SISWA DI SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/ise.v2i1.2240Keywords:
Media Simulasi, Komputer dan Jaringan Dasar, Hasil BelajarAbstract
Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan Virtualbox< em> dan Vmware Workstation< em> pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di SMK N 1 Tondano Metode Penelitian ini adalah Eksperimen dengan populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK 1 N Tondano berjumlah 320 siswa sedangkan sampel penelitian adalah Seluruh Kelas Multimedia berjumlah 64 siswa Terdiri dari dua kelas masing masing kelas terdiri 32 siswa data hasil penelitian diambil dengan menggunakan instrumen penelitan Posttest< em> Berdasarkan nilai rata rata posttest < em>pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata rata 77 66 dan kelas kontrol memperoleh nilai rata rata 75 16 yang telah diuji validitas reliabilitas normalitas Pada Uji Homogenitas atau Uji F diperoleh Ftabel = 4 16 < strong>karena Fhitung = 1 2464 lt; Ftabel = 4 16 maka disimpulkan sampel yang diteliti mempunyai varians yang sama atau homogen dan uji hip tesis Berdasarkan uji t polled varians< em> diperoleh thitung lt; ttabel thitung = 0 5774 dan diperoleh ttabel = 1 9989 karena thitung = 0 5774 lt; ttabel = 1 9989 maka nbsp;diterima dan nbsp;ditolak dengan taraf signifikan : 5 Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar antara siswa yang menggunakan media simulasi Virtualbox< em> kurang lebih sama dengan hasil belajar kelas kontrol yang menggunakan media pembelajaran simulasi VMware Workstation < em>namun kedua media simulasi sama baiknya digunakan dalam pembelajaran karena dapat meningkatkan hasil belajar < p>
