MEDIA SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR SISWA DI SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/ise.v2i1.2240Keywords:
Media Simulasi, Komputer dan Jaringan Dasar, Hasil BelajarAbstract
Pada penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui perbedaaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan Virtualbox dan Vmware Workstation pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di SMK N 1 Tondano. Metode Penelitian ini adalah Eksperimen dengan populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK 1 N Tondano berjumlah 320 siswa sedangkan sampel penelitian adalah, Seluruh Kelas Multimedia berjumlah 64 siswa. Terdiri dari dua kelas, masing-masing kelas terdiri 32 siswa. data hasil penelitian diambil dengan menggunakan instrumen penelitan Posttest Berdasarkan nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 77.66 dan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 75.16, yang telah diuji validitas, reliabilitas, normalitas, Pada Uji Homogenitas atau Uji-F diperoleh Ftabel = 4.16. karena Fhitung = 1.2464< Ftabel = 4.16 maka disimpulkan sampel yang diteliti mempunyai varians yang sama atau homogen dan uji hipótesis. Berdasarkan uji-t polled varians diperoleh thitung < ttabel, thitung = 0.5774 dan diperoleh ttabel = 1.9989. karena thitung = 0.5774 < ttabel = 1.9989 maka diterima dan ditolak dengan taraf signifikan α : 5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar antara siswa yang menggunakan media simulasi Virtualbox kurang lebih sama dengan hasil belajar kelas kontrol yang menggunakan media pembelajaran simulasi VMware Workstation.namun kedua media simulasi sama baiknya digunakan dalam pembelajaran karena dapat meningkatkan hasil belajar.