MODEL EXPLICIT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL DI SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/ise.v2i1.2241Keywords:
Model Explicit Instruction, Hasil Belajar, SMK, multimedia, simulasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar simulasi dan komunikasi digital siswa kelas X multimedia SMK N 1 Kotamobagu melalui model explicit instruction. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Multimedia. Sampel dibagi menjadi 2 kelas yaitu kelas X Multimedia 2 sebanyak 30 siswa sebagai kelompok eksperimen, dan kelas X Multimedia 4 sebanyak 30 siswa sebagai kelompok kontrol. Pada analisis deskriptif rata-rata hasil belajar siswa pada pada kelas eksperimen yang mengunakan model explicit instruction adalah 76,5, sedangkan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol yang menggunakan model konvensioanal yaitu 69,5. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata (uji-t) dengan nilai thitung > ttabel = 3,82 > 1,671553. Hal ini berarti bahwa nilai hasil statistik uji-t tersebut jatuh dalam wilayah kritik atau dengan kata lain H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model explicit instruction lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional