MODEL PEMBELAJARAN PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SISWA SMK

Authors

  • Hizkia D Kojo, Olivia E. S. Liando, Djami Olii

DOI:

https://doi.org/10.53682/ise.v2i1.2242

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran Proyek, SMK

Abstract

Penelitian ini adalahlPenelitianlTindakan Kelasl(PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri 1 Suluun pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek. Yang menjadi Subjek dalam penelitian ini adalah 20 orang siswa kelas X SMK Negeri 1 Suluun. Dalam penelitian ini peneliti melaksanakan observasi, wawancara, tes dan juga dokumentasi. Dari hasil pre-tes dan post-test pada0siklusipertama, jumlah siswa yang memenuhi KKM adalah 13 orang siswa atau 65% dan yang tidak memenuhi KKM sebanyak 7 orang siswa atau 35% daritjumlahikeseluruhan siswa. Pada siklus kedua jumlah siswa yang memenuhi KKM meningkatkan yaitu 18 orang siswa atau 90% dan tidak memenuhi KKM adalah 2 orang siswa atau 10% dari total keseluruhan siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis tproyek dapat meningkatkan hasil belajar simulasi dan komunikasi digital siswa kelas lX SMK Negeri l Suluun.

Downloads

Published

2021-06-10

Issue

Section

Articles