MODEL BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SISWA KELAS X SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/ise.v2i2.3241Keywords:
Hasil Belajar, Model Blended Learning, siswa SMK, Simulasi digitalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas pemanfaatan pembelajaran dengan model blended learning berbasis online untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TKJ. Model blended learning merupakan gabungan dari dua model pembelajaran yaitu pembelajaran offline/tatap muka dan pembelajaran online. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik Pre-Experimental Designs dengan desain Intact-Group Comparison. Pada kelompok eksperimen diberi perlakuan pembelajaran dengan model blended learning berbasis online, sementara pada kelompok kontrol diberi perlakuan konvensional dalam kelas. Data yang dipergunakan dalam penelitian ini diperoleh dari pretest dan posttest, dan kemudian dianalisis dengan uji t. Setelah data penelitian terkumpul dan dianalisis, diperoleh hasil penelitian yang menyatakan bahwa ternyata hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen memiliki hasil yang lebih baik secara signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hal ini menunjukan pembelajaran dengan model blended learning berbasis online efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.