PENINGKATAN HASIL BELAJAR INFORMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 2 TONDANO

Authors

  • Ammabel Komansilan Universitas Negeri Manado
  • Herry Sumual Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Audy Aldrin Kenap Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/ise.v4i1.6755

Keywords:

Project Based Learning, Hasil Belajar, Informatika.

Abstract

Tujuan penelitian penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar
informatika siswa kelas X Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB)
SMK Negeri 2 Tondano menggunakan model Project Based Learning. Jenis
penelitian yang digunakan adalah PenelitianTindakan Kelas (PTK) dengan dua
siklus yang terdiri dari empat pertemuan dalam satusiklus. Data diperoleh dari
setelah dilakukan Tindakan berupa penerapan model pembelajaran Project
Based Learning dengan hasil belajar siswa mencapai nilai minimal ≥75 dan
presentase ketuntasan belajar paling sedikit 80% dari siswa yang tuntasbelajar.
Subjek dalam penelitan ini yaitu siswa kelas X MPLB SMK Negeri 2 Tondano
yangberjumlah 28 siswa. Pada kondisi awal diberikan pre-test untuk mengetahui
tingkat pengetahuan siswa sebelum menggunakan model Project Based
Learning. Berdasarkan data yang diperoleh pada saat pre-test hanya 10 siswa
yang tuntas belajar dengan presentase ketuntasan 35,71%. Pada siklus I dengan
menggunakan model Project Based Learning terjadi peningkatan sebanyak 18
siswa dinyatakan tuntas dengan presentase ketuntasan 64%. Sedangakan pada
siklus II hasil belajar siswa meningkat, sebanyak 26 siswa dinyatakan lulus
dengan presentase ketuntasan 93%. Berdasarkan data tersebut dapat
disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning
dapatmeningkatkan hasil belajar Informatika siswa kelas X MPLB SMK Negeri2
Tondano.

Downloads

Published

2023-06-24

Issue

Section

Articles