PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN SIMULASI TERHADAP HASIL BELAJAR ADMINISTRASI INFRASTRUKTUR JARINGAN SISWA TKJ SMK NEGERI 1 BITUNG

Authors

  • Lianto Salikara Universitas Negeri Manado
  • V. R. Palilingan Universitas Negeri Manado
  • Aljte Wajong Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/ise.v1i02.717

Keywords:

media pembelajaran simulasi, hasil belajar, administrasi infrastruktur jaringan.

Abstract

Dilaksanakannya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran simulasi terhadap hasil belajar administrasi infrastruktur jaringan pada siswa kelas XI TKJ di SMK Negeri 1 Bitung. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Quasi Experimental dengan jenis rancangan penelitian posttest only, non-equivalent control-group design, sedangkan pengumpulan data penelitian ini dilakukan menggunakan tes berbentuk praktik dan teknik analisis data menggunakan analisis regresi. Pengolahan data menggunakan uji normalitas dengan rumus chi kuadrat menunjukan data berdistribusi normal, uji homogenitas menggunakan uji-F menunjukan sampel yang diteliti mempunyai varians yang sama atau homogen dan uji hipotesis menggunakan uji-T menunjukan terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan. Maka hasil penelitian ini menunjukan penggunaan media pembelajaran simulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Sesuai dengan hipotesis awal, kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu penggunaan media pembelajaran simulasi berpengaruh terhadap hasil belajar admiistrasi infrastruktur jaringan pada siswa kelas XI TKJ di SMK Negeri 1 Bitung

Downloads

Published

2021-01-18 — Updated on 2021-02-08

Versions

Issue

Section

Articles