PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKARYA TIK SISWA SMP NEGERI 10 HALMAHERA SELATAN

Authors

  • Aleksandri Mauraji Universitas Negeri Manado
  • Olivia Kembuan Universitas Negeri Manado
  • Peggy Togas Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/ise.v1i02.718

Keywords:

model pembelajaran berbasis masalah, pemrograman web, hasil belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar  pemrograman web siswa kelas x di SMK Negeri 1 Tondano. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian quasi experimental design dengan menggunakan desain penelitian pretest-posttest control-group design, sedangkan pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan soal tes pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan bantuan aplikasi SPSS 22 dan penghitungan  dengan rumus varians berbeda. Kesimpulan yang diperoleh adalah model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap hasil belajar pemrograman web siswa kelas x di SMK Negeri 1 Tondano dimana rata – rata nilai kelas yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dibandingkan kelas yang mengguanakan model pembelajaran konvensional.

 

Downloads

Published

2021-01-18 — Updated on 2021-02-08

Versions

Issue

Section

Articles