PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR SISWA X TKJ SMK NEGERI 2 BITUNG

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/ise.v1i02.720

Keywords:

Model Pembelajaran Team Assisted Individulization, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization < em> nbsp;yang dibandingan dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share< em> pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental < em>Rancangan penelitian adalah Pretest Posttest Only Control Design< em> Populasi adalah seluruh siswa kelas X TKJ SMK NEGERI 2 BITUNG yang berjumlah 95 siswa dan teknik pengambilan sampel dengan cara simple random sampling< em> sampel yang diambil berjumlah 62 siswa yang terdiri dari 2 kelas masing masing terdiri dari 31 siswa Data diambil dan dikumpulkan dari tes akhir sesudah diterapkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization< em> Berdasarkan uji normalitas data menggunakan uji Chi Kuadrat ternyata kedua kelas terdistribusi normal Berdasarkan uji homogenitas data dengan menggunakan uji F dan diperoleh Fhitung< sub> lebih kecil dari Ftabel < sub>Dimana harga Fhitung < sub>= 1 16 dan Ftabel < sub>= 4 17 Maka varians ragam dari kedua kelas dapat dianggap sama atau homogen Kemudian pengujian hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima karena nilai thitung< sub> 2 68 gt; ttabel< sub> < sub>2 00 maka H1 diterima dan H0< sub> ditolak Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization< em> dan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan kooperatif tipe Think Pair Share< em> < em>< p>

References

Downloads

Published

2021-01-19 — Updated on 2021-02-08

Versions

Issue

Section

Articles