PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR SISWA X TKJ SMK NEGERI 2 BITUNG
DOI:
https://doi.org/10.53682/ise.v1i02.720Keywords:
Model Pembelajaran Team Assisted Individulization, Hasil BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization yang dibandingan dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental. Rancangan penelitian adalah Pretest-Posttest Only Control Design Populasi adalah seluruh siswa kelas X TKJ SMK NEGERI 2 BITUNG yang berjumlah 95 siswa dan teknik pengambilan sampel dengan cara simple random sampling, sampel yang diambil berjumlah 62 siswa yang terdiri dari 2 kelas, masing-masing terdiri dari 31 siswa. Data diambil dan dikumpulkan dari tes akhir sesudah diterapkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization, Berdasarkan uji normalitas data menggunakan uji Chi Kuadrat, ternyata kedua kelas terdistribusi normal. Berdasarkan uji homogenitas data dengan menggunakan uji F, dan diperoleh Fhitung lebih kecil dari Ftabel. Dimana harga Fhitung = 1,16 dan Ftabel = 4,17. Maka varians (ragam) dari kedua kelas dapat dianggap sama atau homogen. Kemudian pengujian hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima karena nilai thitung 2,68> ttabel, 2,00, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan kooperatif tipe Think Pair Share.
Downloads
Published
Versions
- 2021-02-08 (2)
- 2021-01-19 (1)