PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIMULASI TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 TARERAN
DOI:
https://doi.org/10.53682/ise.v1i02.721Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran simulasi, Komputer dan Jaringan Dasar.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran simulasi dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar jaringan dasar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Tareran dan Sampel diambil adalah keseluruhan dari populasi. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes hasil belajar. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai sebesar 10,130 sedangkan pada taraf signifikan 0,05 sebesar 2,028 atau > sehingga ditolak dan diterima. Hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran simulasi meningkat yaitu 84,33 sedangkan siswa yang menggunkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah 64,79. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran simulasi pada materi jaringan dasar lebih efektif dari model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Disimpulkan model pembelajaran simulasi memiliki pengaruh dalam hasil belajar siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Tareran.
Downloads
Published
Versions
- 2021-02-08 (2)
- 2021-01-19 (1)