Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual Siswa Kelas X DKV SMK Negeri 1 Ratahan

Authors

  • Cili A. O. Rapar Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado
  • Verry Ronny Palilingan Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado
  • Alfrina Mewengkang Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado

Keywords:

PBL, Hasil Belajar, DKV

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas X DKV SMK Negeri 1 Ratahan pada Dasar-dasar Desain Komunikasi Visual dengan menerapkan pendekatan pembelajaran berbasis masalah (PBL). Penelitian ini dilakukan 3 tahapan yaitu pra siklus, siklus I, dan siklus II. Saat pre-test persentasenya hanya mencapai nilai 22,72%. Pada siklus I proporsinya meningkat menjadi 45,45%. Namun pada siklus II terjadi peningkatan persentase yang signifikan menjadi 86,36%. Hal ini menghasilkan kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah memberikan dampak positif terhadap hasil belajar di kelas X DKV SMK Negeri 1 Ratahan pada mata kuliah Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual.

References

Aunurrahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Agung, A. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Undiksha Singaraja.

Akmar, S. N., Sew, Lee. Integrating Problem-Based Learning (PBL) in Mathematics Method Course. Spring. Vol. 4, no. 2.

Gunawan, G., Kustiani, L. ., & Sri Hariani, L. . (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Dasar-dasar Komunikasi Visual SMK Kelas X. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Riana, R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal pendidikan sekolah dasar universitas negeri Yogyakarta, 36.

Rohman, Ainur, A., & Karimah, S. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi belajar.

Kemdikbud. (2012). Pedoman Penilaian Hasil Belajar. Jakarta. Kemdikbud

Sagala, S. (2017). "Konsep dan makna pembelajaran: Untuk membantu memecahkan problematika belajar dan mengajar".

Downloads

Published

2024-09-01

How to Cite

Rapar, C. A. O., Palilingan, V. R., & Mewengkang, A. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual Siswa Kelas X DKV SMK Negeri 1 Ratahan. Journal of Education Method and Technology : JEMTech, 96-103. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jemtec/article/view/11330

Issue

Section

Articles