Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual Siswa Kelas X DKV SMK Negeri 1 Ratahan
Keywords:
PBL, Hasil Belajar, DKVAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas X DKV SMK Negeri 1 Ratahan pada Dasar-dasar Desain Komunikasi Visual dengan menerapkan pendekatan pembelajaran berbasis masalah (PBL). Penelitian ini dilakukan 3 tahapan yaitu pra siklus, siklus I, dan siklus II. Saat pre-test persentasenya hanya mencapai nilai 22,72%. Pada siklus I proporsinya meningkat menjadi 45,45%. Namun pada siklus II terjadi peningkatan persentase yang signifikan menjadi 86,36%. Hal ini menghasilkan kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah memberikan dampak positif terhadap hasil belajar di kelas X DKV SMK Negeri 1 Ratahan pada mata kuliah Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual.
References
Aunurrahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Agung, A. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Undiksha Singaraja.
Akmar, S. N., Sew, Lee. Integrating Problem-Based Learning (PBL) in Mathematics Method Course. Spring. Vol. 4, no. 2.
Gunawan, G., Kustiani, L. ., & Sri Hariani, L. . (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Dasar-dasar Komunikasi Visual SMK Kelas X. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Riana, R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal pendidikan sekolah dasar universitas negeri Yogyakarta, 36.
Rohman, Ainur, A., & Karimah, S. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi belajar.
Kemdikbud. (2012). Pedoman Penilaian Hasil Belajar. Jakarta. Kemdikbud
Sagala, S. (2017). "Konsep dan makna pembelajaran: Untuk membantu memecahkan problematika belajar dan mengajar".