Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Konsentrasi Keahlian TJKT Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Talaud
Keywords:
Hasil Belajar, Konsentrasi Keahlian, Project Based LearningAbstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap hasil belajar mata pelajaran Konsentrasi Keahlian siswa kelas XI TJKT SMK Negeri 1 Talaud. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen Semu menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang diambil adalah seluru siswa TJKT SMK Negeri 1 Talaud, Sampel yang diambil yaitu Kelas XI TJKT A yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan XI TJKT B yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan jumlah 30 siswa di masing-masing kelas, instrument penelitian dikumpulkan berdasarkan tes awal sebelum treatment dan tes akhir sesudah diterapkan treatment. Hasil penelitian diperoleh adalah terhadap pengaruh positif model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap hasil belajar mata pelajaran Konsentrasi Keahlian siswa kelas XI TJKT SMK Negeri 1 Talaud.
References
Arikunto, S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Dalyono, M. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto. (2010). Belajar dan Mengajar. Bandung: Yrama Widya
Fathurrohman. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Refika Aditam.
Hamdani, M.A. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Musbikin, Imam. 2010. Guru Yang Menakjubkan. Yogyakarta: Bukubiru.
Ngalimun. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja Perssindo.
Purwanto. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: Jurnal Pendidikan.
Sagala, Syaiful. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, Nana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunarto, Winastaman Gora. (2017). Pakematik Strategy Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK. Jakarta: Flex Media Komputindo.
Suprijono, Agus. (2011). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya.
Triantono. (2007). Model-model Pembelajarn Inovatif. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Usman, M. (2020). Menjadi guru Profesioal. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.