Pengembangan Media Pembelajaran “Oenglish” berbasis Mobile untuk Anak-Anak di Oransbari, Papua Barat
Keywords:
Anak-Anak, Oransbari, Android, ADDIE, Validasi, Media PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran Interaktif berbasis andorid sesuai kebutuhan untuk digunakan pada materi bahasa inggris bagi anak-anak di Papua khususnya di Oransbari. Metode yang digunakan pada penelitian pengembangan ini adalah Research and Development (R&D). Model yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu Model ADDIE. Berdasarkan hasil pengujian, menunjukkan bahwa Validator Media menilai Media Pembelajaran “Oenglish” dengan rata-rata persentase 76%, menujukkan Media Pembelajaran Oenglish tergolong “Layak”. Berdasarkan hasil pengujian, menunjukkan bahwa Validator Ahli Materi menilai Materi “Oenglish” dengan rata-rata persentase 91%, menunjukkan Media Pembelajaran Oenglish tergolong “Sangat Layak”. Dari hasil tabel End User Test,terdapat hasil rata-rata range usability test yaitu 4 (Setuju), Rata-rata dari Total Pengisian Responden yaitu 118 dari Total Usabilty Test 135.Nilai Rata-rata dari Total Pengisian Responden yaitu 88, menyatakan bahwa Media Pembelajaran Oenglish “Sangat Layak”. Persentase Kebergunaan (Usefulness) yang didapatkan yaitu 88% (“Sangat Berguna”). Persentase Kemudahan Penggunaan (Ease of Use) yang didapatkan yaitu 87% (“Mudah digunakan”). Persentase Kemudahan Belajar (Ease of Learning) yang didapatkan yaitu 88% (“mudah dipelajari”). Persentase yang didapatkan yaitu 88% (“sangat memuaskan”).
References
Admin Startbiz. 2022. Arti Warna Dalam Psikologi Untuk Desain Pemasaran Digital diakses pada tanggal 13 Oktober 2023 di link https://www.startbiz.co.id/blog/arti-warna-dalam-psikologi-untuk-desain-pemasaran-digital/
Akbar Project. 2019. Swipe Control with Touch for Menu Level | Unity. Langkah-langkah membuat swipe ke arah samping[Video].Diakses pada tanggal 24 Maret 2024 di link https://youtu.be/GURPmGoAOoM?si=D2zs2jVVMo1oQiN-.
Amin, Muhammad Rahmad. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Teknik Dasar Otomotif SMK Negeri 2 Bitung
Azis, Nur. Pribadi, Gali. Nurcahya, Manda Savitrie. 2020. Analisa dan Perancangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Berbasis Android. IKRA-ITH INFORMATIKA : Jurnal Komputer Dan Informatika 4 (3),1-5.
Cikara Studio. 2023. Tutorial Game Kuis Versi Drag And Drop Unity3D Bahasa Indonesia Tanpa Nyentuh Koding #CikaraAcademy. Proses pembuatan Soal dan Jawaban Drag and Drop[Video].Diakses pada tanggal 10 Mei 2024 di link https://youtu.be/M0zV3U-4Yfs?si=Fh2zpbSsVR3W_mA_.
Coding Studio Team. 2022. Mengenal Sistem Operasi Android diakses pada tanggal 15 Mei 2024 di link https://codingstudio.id/blog/sistem-operasi-android/
DevGame Tutorial. 2022. Membuat Main Menu Sederhana Dengan Unity 2023 | Devgame Tutorial. Langkah-langkah Membuat Menu Sederhana di Unity Apps[Video].Di akses pada tanggal 10 Februari dilink https://youtu.be/ZfIGg2q8bUQ?si=Q9DKk7u_NJdkuYx0.
DevGame Tutorial. 2023. Build Game Dari Unity Kebentuk Aplikasi Android | Devgame Tutorial. Proses Build hingga berhasil di Aplikasi Unity[Video]. Diakses pada tanggal 18 Mei 2024 di link https://youtu.be/QzBCrpLUL4c?si=ioqMwhdAPJDzJBBXDicoding Indonesia.(2017). Mengenal Komponen Pada User Interface Unity diakses pada tanggal 15 Mei 2024 di link https://www.dicoding.com/blog/mengenal-komponen-pada-user-interface-unity/
Diny Syarifah Sany. 2022. Membuat Swipe Menu di Unity-Bagian 2. Langkah-langkah membuat Swipe ke arah samping/Horizontal[Video]. Diakses pada tanggal 24 Maret 2024 di link https://youtu.be/fn3K6PZd7xQ?si=8zsk8QnddIA9P34X.
Dit Dev. 2022. Cara Menambahkan Audio | Tutorial UNITY Indonesia. Langkah-langkah pembuatan Audio di Uniy Apps [Video]. Diakses pada tanggal 20 April 2024 di link https://youtu.be/RTsvCbi13m8?si=P-jrhn6u51Ulu0BX.
Guru Creative. 2022. Cara Termudah Instal Unity Editor (All Version) pada Unity Hub. Proses penginstalan Unity Editor[Video].Diakses pada tanggal 8 Februari 2024 di link https://youtu.be/U3AbQNecRFM?si=iqAG2shoJJESC9LS
Hafidah, Ida. 2021. Penelitian dan Pengembangan (Penelitian & Pengembangan). Di akses pada tanggal 13 Oktober 2023 di link https://atb-bandung.ac.id/berita/penelitian-dan-pengembangan-research-development
Hukubun, Ataline Jeanethe Maya. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Informatika berbasis mobile untuk siswa kelas x SMKS Kristen 2 Tomohon
Iswari, Fitria. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris berupa Flashcard bergambar pada tingkat Sekolah Dasar.p-ISSN : 2085-2274,e-ISSN 2502-227X.
Jogames Studio. 2022. Bagaimana Cara Menggunakan Scroll View di Unity - Scroll View Part 1. Proses pembuatan Canvas untuk Croll View Horizontal[Video].Diakses pada tanggal 24 Maret 2024 di link https://youtu.be/QzIRgkDTw6g?si=f8xh1kSBFb0toqiO
MOODLE. 2022. Introduction to instructional design – using the ADDIE model in workplace training. Di akses pada tanggal 3 Januari 2024 https://moodle.com/news/instructional-design-workplace/
Nurrita, Teni. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar Siswa.
Somba, Rivandy Kifcy. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Teknik Pengambilan Gambar Produksi Berbasis Android di SMK.
Taru, Andi. 2020. Sejarah dan Perkembangan Unity Game Engine Tahun 2020 diakses pada tanggal 15 Mei 2024 di link https://www.gamelab.id/news/250-sejarah-dan-perkembangan-unity-game-engine-tahun-2020
Thunder, Tom. 2023. 400+ Kosakata Verb (Kata Kerja) dalam Bahasa Inggris diakses pada tanggal 20 Maret 2024 di link https://www.ef.co.id/englishfirst/kids/blog/400-kosakata-verb-kata-kerja-dalam-bahasa-inggris/
Zarya, Aisyah. 2021. Membuat use case menggunakan visual paradigm. Student Activity Binus.
Zulhajidan. 2021. Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) diakses pada tanggal 13 Oktober 2023 di link https://www.zulhajidan.net/berita/detail/technological-pedagogical-content-knowledge-tpack.