Pengaruh Penerapan E-Learning Berbasis SKUL.ID terhadap Hasil Belajar Siswa pada Kelas X TKJ di SMK Hassina

Authors

  • Muh. Barokah Haromaen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Muhammad Thariq Aziz Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Heni Wulandari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Keywords:

Elektronik Pembelajaran, Hasil Belajar, Skul.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari penerapan e-learning berbasis skul.id terhadap hasil belajar siswa pada kelas X TKJ di SMK Hassina. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain quasi experiment. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji hipotesis. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa hasil analisis angket respon menunjukan 68% siswa memberikan respon baik terhadap e-learning berbasis skul.id. Hasil Belajar siswa menunjukan bahwa nilai signifikasi kelompok eksperimen sebesar 0,000 < 0,05, sedangkan hasil nilai signifikansi kelompok kontrol sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga dapat dikatakan kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol memiliki pengaruh setelah mengikuti pembelajaran menggunakan skul.id mapupun konvensional. Akan tetapi, analisis deskripsi nilai rata-rata pretest dan posttest kelompok eksperimen sebesar 26,1 dan 75,75 sedangkan kelompok kontrol sebesar 24,3 dan 67,95. Hal tersebut menunjukan bahwa kelompok eksperimen telah memenuhi standar KTTP sekolah tersebut yaitu 75 dibandingkan kelompok kontrol. Sehingga dapat dikatakan bahwa e-learning berbasis skul.id memiliki pengaruhi signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X TKJ di SMK Hassina.

References

Aditiany, V., & Pratiwi, R. T. (2021). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 3 Kuningan). Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 18(02), 102–109. https://doi.org/10.25134/equi.v18i2.4420

Ambarwati, D., Wibowo, U. B., Arsyiadanti, H., & Susanti, S. (2022). Studi Literatur: Peran Inovasi Pendidikan pada Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 173–184.

Dr. Muhammad Rusli, M. T., Hermawan, D., & Supuwiningsih, N. N. (2020). Memahami E-learning: Konsep, Teknologi, dan Arah Perkembangan. Penerbit Andi. https://books.google.co.id/books?id=xwMOEAAAQBAJ

Febriyanti, D. (2022). Efektivitas E-Learning Berbasis Gnomio Pada Mata Pelajaran IPA di SMPN Satu Atap 5 Bulukumba.

Ilyas, A. H. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Warta, 56(April).

Muhajir, M., Musfikar, R., & Hazrullah, H. (2019). Efektivitas Penggunaan E-Learning Berbasis Edmodo Terhadap Minat Dan Hasil Belajar (Studi Kasus Di Smk Negeri Al Mubarkeya). Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 3(1), 50. https://doi.org/10.22373/cj.v3i1.4725

Rahmi, & Ahmad. (2017). Korelasi Motivasi Belajar Menggunakan Media Berbasis Video dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Gejala Alam di Kelas V SD Negeri 1 Peusanagan. Jurnal Pendidikan AlMuslim, 5(1), 30–35.

Ramdhan, M. (2021). METODE PENELITIAN (A. A. Effendy (ed.)). Cipta Media Nusantara (CMN). https://books.google.co.id/books?id=Ntw_EAAAQBAJ&lpg=PR1&ots=f3nD4QRv9y&dq=info%3AZo2g1hJ1_9wJ%3Ascholar.google.com%2F&lr&hl=id&pg=PR2#v=onepage&q&f=false

Saputra, H. D., & Ismet, F. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. 18(1), 25–30.

Yulaeka, N. R., Sudana, I. M., & Arief, U. M. (2017). Edu Komputika Journal Efektivitas Permainan Bingo dalam Pembelajaran Program Aplikasi Kelas VII SMP Negeri 25 Purworejo Novita Rizka Yulaekha I Made Sudana, Ulfah Mediaty Arief. Edu Komputika, 4(1), 1–9.

Downloads

Published

2024-12-01

How to Cite

Haromaen, M. B., Aziz, M. T., & Wulandari, H. (2024). Pengaruh Penerapan E-Learning Berbasis SKUL.ID terhadap Hasil Belajar Siswa pada Kelas X TKJ di SMK Hassina. Journal of Education Method and Technology : JEMTech, 2(4), 138-144. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jemtec/article/view/12349

Issue

Section

Articles