Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif untuk Mata Pelajaran Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual Kelas X SMK Negeri 1 Tondano
Keywords:
Video, Media Pembelajaran, SMK, ADDIE, Research and DevelopmentAbstract
Tujuan dari penelitian ini ialah: 1) mengembangkan video pembelajaran untuk memfasilitasi kegiatan belajar mengajar siswa – siswi jurusan desain komunikasi visual kelas X SMK Negeri 1 Tondano 2) mengukur kelayakan penggunaan media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini menerapkan metode Research & Development dengan menggunakan prosedur pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Lima tahapan dalam ADDIE antara lain: analys, design, development, implementation, dan evaluation. Setelah lolos uji validitas dari ahli materi serta ahli media, dilanjutkan untuk tahap pengujian. Proses pengujian melibatkan siswa – siswi kelas X jurusan desain komunikasi visual yaitu berjumlah 30 orang, pengujian dilakukan di SMK Negeri 1 Tondano. Pendekatan analisis menggunakan metode kualitatif serta metode kuantitatif dalam menilai seberapa layak media pembelajaran yang dihasilkan. Penelitian menunjukkan hasil, yaitu a) menciptakan video pembelajaran yang akan digunakan oleh siswa kelas X jurusan desain komunikasi visual SMK Negeri 1 Tondano untuk mata pelajaran technoprenenur, b) tingkat kelayakan dari video pembelajaran berdasarkan ahli media yaitu 93,98% atau sangat layak, ahli materi 97,1% atau sangat layak, serta hasil uji coba pada siswa memenuhi syarat sangat layak menjadi alat bantu guru pada pembelajaran siswa kelas x SMK Negeri 1 Tondano.
References
Azrianti, V. P., & Sukma, E. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Menggunakan Aplikasi Macromedia Flash untuk Menanamkan Karakter Positif. e-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 9(2), 97-107.
Chun. (2017). Adobe Animate CC 2017 merilis Kelas dalam Buku. AS: Sistem Adobe Tergabung.
Endoh, J. T. G., Rompas, P. T. D., & Heydemans, C. D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Siswa SMP. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(4), 505-517.
Enterprise, J. (2017). Trik Cepat Menguasai Adobe Animate. Jakarta: PT Elex MediaKomputindo Kelompok Gramedia.
Hansson, L., Leden, L., & Thulin, S. (2020). Book Talks as an Approach to Nature of Science Teaching in Early Childhood Education. International Journal of Science Education, 42(12), 2095–2111.
Haryanto, P. D., M.Pd. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran. CV. Pilar Nusantara.
Rahayu, P & Ratna, S. (2020). Peran Pembelajaran STEM Dalam Penerapan Adobe Animate Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Tata Busana. Jurnal Online Tata Busana, 9(3), 1-11.
Rahayu, P & Ratna, S. (2020). Peran Pembelajaran STEM Dalam Penerapan Adobe Animate Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Tata Busana. Jurnal Online Tata Busana, 9(3), 1-11.
Sudjana, P. D., M.Pd. (2015). Pengantar Statistik Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Tatahue, K. G., Parinsi, M. T., & Mewengkang, A. (2023). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dasar Desain Grafis di SMK Negeri 1 Amurang. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 3(2), 228-237.
Tumewan, P. C., Sojow, L., & Kaparang, D. R. (2021). Pengembangan media pembelajaran tutorial desain komunikasi visual di SMK Negeri 3 Tondano. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(1), 25-38.
Wulandari, D. F., & Indarini, E. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Buku Cerita Rakyat Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Literasi Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling(JPDK), 4(6), 5672-5684.