Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual Siswa Kelas X DKV SMK Negeri 1 Tondano

Authors

  • Uci Maysanta Br Sinulingga Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado
  • Indra Rianto Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado
  • Peggy Veronica Togas Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado

Keywords:

Project Based Learning, Hasil Belajar, Discovery Learning

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model project based learning terhadap hasil belajar dasar-dasar desain komunikasi visual sisawa kelas X DKV SMK Negari 1 Tondaono. Metode kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest kontrol grup design digunakan dengan sampelnya 2 kelas ialah kelas X DKV-A mencakup 28 siswa yang menjadi kelas eksperimen serta kelas DKV-B mencakup 25 siswa yang menjadi kelas kontrol. Hasil membuktikan ada pengaruh model project based learning terhadap hasil belajar siswa dibuktikan dari uji hipotesis melalui uji t dimana nilai thitung = 2,222 sedangkan nilai  ttabel = 1,675 yang nilai signifikansinya 0,05 maka H1 diterima dan H0 ditolak. Sehingga model Project Based Learning berpengaruh dan bisa memberikan peningkatan terhadap hasil belajar dasar-dasar desain grafis sisiwa kelas X SMK Negeri 1 Tondano.

References

Abidin, Z. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Produktif Di Smk. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 58-64.

Afandi, M. (2013). Numerical solutions for non-Markovian stochastis equations of motion. In Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah , Vol. 180, Issue 4.

Andrianis, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Projek Terhadap Hasil Belajar Pemrograman Web Dinamis Kelas Xi Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 2 Padang Panjang. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika & Informatika, Vol. 6, No. 1.

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Parepare: CV. KAAFFAH LEARNING CENTER.

Dyan Wulan Sari HS, I. S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas Iv Sdn 066050 Medan. Bina Gogik, 89-98.

Heri Mulyono, E. E. (Juni 2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar di SMK Muhammadiyah 1 Padang. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 20 – 24.

Isrok'atun, & Rosmala, A. (2018). Model-model pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Khairudin, A. (2018). Madrasah Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. Keefektifan Model Make A Match Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Di Kecamatan Marioriwawo, 13-23.

Kurniati, I. W. (2016). Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Smart Sticker Untuk Meningkatkan Disposisi Matematik Dan Kemampuan Berpikir Kritis.

Noor, A. J. (2014). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa . 2, 250-259.

Nurdyansyah, & Fahyuni. (2016). Inovasi Model. In Nizmania Learning Center.

Rahman, S. (2022). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar.

Rahman, S. (2022). PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR. Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suprihatin, S., & Manik, Y. (2020). GURU MENGINOVASI BAHAN AJAR SEBAGAI LANGKAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/2868/1393, 65-72.

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Sinulingga, U. M. B., Rianto, I., & Togas, P. V. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual Siswa Kelas X DKV SMK Negeri 1 Tondano. Journal of Education Method and Technology : JEMTech, 8-14. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jemtec/article/view/8043

Issue

Section

Articles