Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Kakas

Authors

  • Tasya Kalla Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado
  • Herry Sumual Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado
  • Mario Tulenan Parinsi Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado

Keywords:

SMK, Model Pembelajaran, PBL, Eksperimen

Abstract

Peningkatan diri pribadi peserta didik serta lingkungannya adalah melalui sebuah pendidikan. Kesiapan seorang pendidik juga merupakan sebuah hal terpenting dalam pendidikan pada  SMK Negeri 1 Kakas mereka sedikit mengalami kesulitan pada belajar mengajar di Sekolah. Peserta didik cenderung kurang aktif serta cepat merasa bosan bahkan seringkali kurang mampu dalam menguasai bahan yang diajarkan sehingga tujuan penelitian ini agar menemukan bagaimana model pembelajaran PBL berdampak pada hasil belajar informatika siswa kelas X SMK Negeri 1 Kakas dengan menggunakan metode eksperimen agar dapat menghadapi permasalahan yang ditemukan.

References

Desi, P., Connie, & Rosane, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran PBL terhadap Hasil Belajar siswa di Kelas X. Jurnal Kumparan Fisika, 169-176.

Dwi, L. F., Muslimin, I., Syamsul, G., & Pance, M. (2021). Pengaruh Budaya Literasi terhadap Hasil belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU, 5088-5099.

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran PBL dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita pada siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 678-588.

Lilis, S. (2021). Peningkatan Kreativitas Siswa Pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Pendekatan Project Based Learning. Jurnal Pembelajaran, 44-67.

Mutawali. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PBL terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V MI Nurul Islam Sekarbela Mataran. Jurnal Fisika, 655-755.

Novianti, D. S. (2021). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Jurnal Pendidikan, 234-555.

Putra, M. R. (2018). Pengaruh PBL terhadap aktifitas dan Hasil Belajar Informatika Terpadu di kelas III SD Negeri 21 Kerinci. Junal Pendidikan, 1245-1456.

Ulfa, R. (2020). Variabel penelitian dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Keislaman, 342-351.

Wahyuni, E. (2020). Implementasi model pembelajaran project based learning (PJBL) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata Pelajaran Pendidikan agama Islam SMP Negeri 7 Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan, 144-233.

Wahyuni, S. M. (2020). Implementasi Pendekatan PBL pada pembelajaran Informatika di Kelas V MI MA'Arif NuMargasama. Jurnal Teknik, 45-78.

Downloads

Published

2023-12-08

How to Cite

Kalla, T., Sumual, H., & Parinsi, M. T. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Kakas. Journal of Education Method and Technology : JEMTech, 24-31. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jemtec/article/view/8045

Issue

Section

Articles