Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Animasi 2D SMK Negeri 1 Tondano

Authors

  • Hernando Mahardhika Pongoliu Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado
  • Alfrina Mewengkang
  • Daniel Riano Kapang Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado

Keywords:

Mobile Learning, Waterfall, Dasar Animasi 2D

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Aplikasi Media Pembelajaran berbasis Mobile pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Animasi 2D di SMK Negeri 1 Tondano yang akan dipakai untuk alternatif proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan Metode Pengembangan Waterfall yang memiliki 4 tahapan yaitu, Analisis Kebutuhan, Desain, Implementasi dan Pengujian Sistem, serta Pemeliharaan dan Pengoperasian. Penelitian ini juga menggunakan Metode Penelitian Kualitatif yang dikombinasikan dengan Waterfall pada tahapan Analisis Kebutuhan. Pengujian Aplikasi ini menggunakan pengujian Black Box dengan 3 tahapan yaitu Developer Test, Validator Media, dan Validator Materi. Setelah melakukan Uji Coba maka Peneliti mengambil kesimpulan bahwa Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran berbasis Mobile pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Animasi 2D di SMK Negeri 1 Tondano ini telah layak untuk digunakan pada proses Pembelajaran dan telah sesuai dengan konsep perancangan produk, dan dari hasil pengujian yang telah dilakukan aplikasi ini telah berjalan dengan baik berdasarkan tujuan pengembangan dan tidak terdapat kesalahan yang terjadi saat pengoperasian Aplikasi.

References

Abdul. (2023, April 19). Apa itu Aplikasi Capcut?. Diambil 3 Juni 2023, dari https://mojokbisnis.com/aplikasi-capcut/.

Adminlp2m. (2022, Juni 7). Metode Waterfall – Definisi dan Tahap-tahap Pelaksanaannya. Diambil 3 Juni 2023, dari https://lp2m.uma.ac.id/2022/06/07/metode-waterfall-definisi-dan-tahap-tahap-pelaksanaannya/.

Anendya, A. (2023, Maret 26). Mengenal Kotlin Sebagai Bahasa Pemrograman untuk Developer. Diambil 3 Juni 2023, dari https://www.dewaweb.com/blog/apa-itu-kotlin/.

Darmawan, D. (2016). Mobile learning sebuah aplikasi teknologi pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Graham, C. R. (2006). Blended learning systems. The handbook of blended learning: Global perspectives, local designs, 1, 3-21.

Kurniawati, I. D. (2018). Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan Pemahaman konsep mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68-75.

Oriza. (2022, Agustus 31). Mengenal Android Studio : Pengertian, Manfaat, fitur, dan Cara Install. Diambil 25 Mei 2023, dari https://idmetafora.com/news/read/701/Mengenal-Android-Studio-Pengertian-Manfaat-fitur-dan-Cara-Install.html.

Purnomo, E. A., Dalyono, B., & Handayani, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Matakuliah Statistika Pendidikan. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(2), 117-120.

Sommerville, Ian. (2011). Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak). Jakarta: Erlangga.

Supit, Alfarits. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran IPA berbasis Mobile di SD GMIM II Remboken. (Skripsi Sarjana, Universitas Negeri Manado).

Winarsih, Anni dkk. (2008). IPA Terpadu. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2023-12-15

How to Cite

Pongoliu, H. M., Mewengkang, A., & Kapang, D. R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Animasi 2D SMK Negeri 1 Tondano. Journal of Education Method and Technology : JEMTech, 40-50. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jemtec/article/view/8230

Issue

Section

Articles