Pengembangan Media Pembelajaran Platform Android pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Kelas X SMK Negeri 2 Tondano
Keywords:
Pengembangan Media Pembelajaran, Multimedia Development Life CycleAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah aplikasi media pembelajaran platform android untuk digunakan pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital khususnya pada materi perangkat lunak pengolah kata (microsoft word), materi perangkat lunak pengolah angka (microsoft excel) dan materi perangkat lunak pengolah slide presentasi (microsoft power point) di kelas X SMK Negeri 2 Tondano. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang terdiri dari enam tahapan diantaranya concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Pengujian pada aplikasi media pembelajaran ini dilakukan menggunakan compatibility dan usability testing. Pengujian compatibility pada beberapa smartphone android berjalan dengan baik, dan hasil penilaian menggunakan system usability scale (SUS) diperoleh skor 82,5 yang berada pada acceptability ranges kategori acceptable dengan skala grade B yaitu excellent. Berdasarkan data tersebut maka aplikasi ini dapat diterima dan layak digunakan.
References
Aghni, R. I. (2018). Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Fungsi dan Jenis Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Akuntansi, 98-107.
Andi Rustandi, A. d. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Teknologi Informasi Airlangga. Media Bina Jurnal, Vol 15. No. 2, Hal 4087.
Artiyan Prasetya, A. H. (2018). Pengembangan Aplikasi Pemesanan Lapangan Futsal Di Kota Malang Berbasis Android Menggunkan Metode Pengembangan Extreme Programming. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol.2 No 7297-7298.
Astuti, I. A., Harwanto, A., & Hidayat, T. (2019, Maret). Jurnal Eksplora Informatika. Pengembangan Media Interaktif Pengenalan Sistem Tata Surya Menggunakan Framework MDLC, Vol.8 No. 2, 158-166.
Dewi Tresnawati1, A. M. (n.d.). Rancang Bangun Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android. Jurnal Algoritma, 201-210.
Fifi Novitasari, Y. D. (n.d.). Pengaruh Media Adobe Illustrator terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Profit, 2, 59-67.
H, A. M., Ramadhani, R., Safitri, M. J., J, M. M., & Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran. (T. Limbong, Ed.) Medan: Yayasan Kita Menulis.
Hamsi Mansur, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Infografis Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol 4, No.1, Hal 38-39.
Hamzah Pagarra, A. S. (2022). Media Pembelajaran. Gunungsari: Badan Penerbit UNM. Harianja, P. (2019). Abad ke-21 membawa perubahan yang populer. Medan.
Isran Rasyid Karo-Karo S, R. (2018, Januari - Juni). Manfaat Media dalam Pembelajaran, VII, 91-96.
Joko Kuswanto, F. R. (2018, februari). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI . Jurnal Media Infotama, Vol.14 No.1, 15-20.
Junfithrana, A. P. (2021). Rancang Bangun Program Aplikasi Virtual Reality Pada Pembelajaran Praktikum Secara Online. Jurnal Teknik Elektro, page 7-10.
Kharisma Sabbihatul Mustaghfaroh, F. N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan MDLC Untuk Materi Benda dan Perubahan Sifatnya. JACIS : Journal Automation Computer Information System, 1, 100-109.
Muh. Rijalul Akbar, M. S. (2021). Kajian Literatur Media Pembelajaran Grafisdalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Pendidikan Bahasa, Vol.11, No.2.
Mustika, E. P. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle. JOIN (Jurnal Online Informatika), 2, 121-126.
Prayogo, N. U. (2021). Metode Observasi. 15-20.
Prof.Dr.H.M. Rudy Sumiharsono, M. (2017). Media Pembelajaran. (M. Dedy Ariyanto S.Pd, Ed.) Jember, Jawa Timur: CV PUSTAKA ABADI.
Siregar, M. I., Saggaf, A., & Hidayat, M. (2021, Juni). Jurnal Abdimas Mandiri. Pelatihan Pembuatan Laporan Keuangan Berbasis Microsoft Excel pada Kerajian Songket Mayang Palembang, 5 No. 1, 51- 56.
Soni Ariatama, M. M. (2021). Penggunaan Teknologi Virtual Reality (Vr) Sebagai Upaya Eskalasi Minat Dan Optimalisasi Dalam Proses Pembelajaran Secara Online Dimasa Pandemik. Lampung.