Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer Dan Telekomunikasi Kelas X TJKT SMK Negeri 1 Ratahan
Keywords:
Hasil Belajar, PBL, PTKAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer Dan Telekomunikasi Kelas X TJKT SMK Negeri 1 Ratahan menggunakan model PBL. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yang akan dilakukan setelah melakukan pre-test. Hasil dari penelitian ini menampilkan bahwa penerapan model PBL mampu menaikkan hasil belajar peserta didik yang dibuktikan dengan hasil kelulusan pretes 30.43%, siklus I 69.78% dan pada siklus II meningkat ke 80.43%.
References
Agung A, Metodologi Penelitian Pendidikan, Singaraja: Undiksha Singaraja, 2014.
Aunurrahman. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Hamalik, Oemar. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Rahmasari Riana. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar.Jurnal pendidikan sekolah dasar universitas negeri Yogyakarta edisi 36.