Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer Dan Telekomunikasi Kelas X TJKT SMK Negeri 1 Ratahan

Authors

  • Fira Vivi Rolos Universitas Negeri Manado
  • Billy Morris Harold Kilis Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado
  • Keith Francis Ratumbuisang Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado

Keywords:

Hasil Belajar, PBL, PTK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer Dan Telekomunikasi Kelas X TJKT SMK Negeri 1 Ratahan menggunakan model PBL. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yang akan dilakukan setelah melakukan pre-test. Hasil dari penelitian ini menampilkan bahwa penerapan model PBL mampu menaikkan hasil belajar peserta didik yang dibuktikan dengan hasil kelulusan pretes 30.43%, siklus I 69.78% dan pada siklus II meningkat ke 80.43%.

References

Agung A, Metodologi Penelitian Pendidikan, Singaraja: Undiksha Singaraja, 2014.

Aunurrahman. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Hamalik, Oemar. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahmasari Riana. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar.Jurnal pendidikan sekolah dasar universitas negeri Yogyakarta edisi 36.

Downloads

Published

2023-12-22

How to Cite

Rolos, F. V., Kilis, B. M. H., & Ratumbuisang, K. F. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer Dan Telekomunikasi Kelas X TJKT SMK Negeri 1 Ratahan. Journal of Education Method and Technology : JEMTech, 63-66. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jemtec/article/view/8881

Issue

Section

Articles