Penerapan Model Project Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Desain Komunikasi Visual Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Langowan

Authors

  • Injelin Barao Manado State University image/svg+xml
  • Johan Reimon Batmetan Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado
  • Mario Tulenan Parinsi Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado

Keywords:

Hasil Belajar, PBL, PTK

Abstract

Efektivitas Pembelajaran Berbasis Proyek masih terbatas karena berbagai faktor Pertama siswa belum sepenuhnya memahami konsep dan teknik yang berkaitan dengan sketsa dan ilustrasi yang penting untuk proses pembelajaran Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Project Based Learning dapat meningkatkan prestasi pendidikan pada pelajaran dasar desain komunikasi visual Penelitian ini menghasilkan hasil sebagai berikut: pada pre test terdapat 3 siswa yang tuntas yaitu 20 dari total sedangkan 12 siswa tidak tuntas atau mewakili 80 dari total Pada siklus awal 7 siswa berhasil menyelesaikannya dengan tingkat penyelesaian 46 6 Selain itu terdapat 8 orang siswa yang tidak tuntas dalam satu siklus sehingga tingkat tidak tuntasnya sebesar 53 3 Pada siklus II jumlah siswa yang berhasil tuntas bertambah menjadi 15 orang sehingga persentase ketuntasan sebesar 86 6 Selain itu terdapat 2 siswa yang tidak tuntas dengan proporsi 13 3 Dengan menerapkan pendekatan Project Based Learning maka hasil belajar Dasar Desain Komunikasi Visual pada siswa kelas X DKV SMK Negeri 1 Langowan dapat ditingkatkan < p>

References

Arikunto 2017 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Rineka Cipta Jakarta

Abdurrahman Mulyono 2012 Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar Jakarta : Rineka Cipta

Basyiruddin Usman 2002 Media Pendidikan Jakarta: Ciputat Press

Daryanto dan Rahardjo M 2012 Model Pembelajaran Inovatif Yogyakarta: Gava Media

Fathurrohman M 2016 Model Pembelajaran Inovatif: Alternatif desain Pembelajaran yang Menyenangkan Yogyakarta: Ar Ruzz Media Group

Hasibuan Malayu S P 2002 Manajemen Sumber daya manusia Jakarta: PT Bumi perkasa

Isriani Puspitasari D 2015 Strategi Pembelajaran Terpadu: Teori Konsep Implementasi Yogyakarta: Relasi Inti Media Group

Landa R 2011 Graphic Design Solutions 5th USA: Clark Baxter

Mulyasa E 2014 Implementasi Kurikulum 2013 Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Muhibbin Syah 2017 Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nurhasanah Siti A Sobandi 2016 Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa Setiabudhi Bandung: Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol 1 No 1

Riyanto Yatim 2009 Paradigma Baru pembelajaran Sebagai Referensi Baru `Bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas Jakarta: Kencana Prenada Group

Saefudin A Berdiati I 2014 Pembelajaran Efektif Bandung: PT Remaja Roskadarya

Sudjana 2005 Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Suyono Hariyanto 2012 Belajar dan Pembelajaran Bandung: Remaja Rosdakarya

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain 2002 Strategi Belajar Mengajar Jakarta:Rineka Cip

Winataputra Udin S dkk 2007 Teori Belajar dan Pembelajaran Jakarta: Universitas terbuka

Widiasworo E 2016 Strategi Dan Metode Mengajar Siswa Diluar Kelas Outdoor Leaning Secara Aktif Kreatif Inspiratif Dan Komunikatif Yogyakarta: Ar Ruzz Media Group

Downloads

Published

2024-03-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

Penerapan Model Project Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Desain Komunikasi Visual Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Langowan. (2024). Journal of Education Method and Technology : JEMTech, 22 31. https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jemtec/article/view/8884