Penerapan Model Project Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Desain Komunikasi Visual Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Langowan
Keywords:
Hasil Belajar, PBL, PTKAbstract
Efektivitas Pembelajaran Berbasis Proyek masih terbatas karena berbagai faktor. Pertama, siswa belum sepenuhnya memahami konsep dan teknik yang berkaitan dengan sketsa dan ilustrasi yang penting untuk proses pembelajaran. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Project Based Learning dapat meningkatkan prestasi pendidikan pada pelajaran dasar desain komunikasi visual. Penelitian ini menghasilkan hasil sebagai berikut: pada pre-test terdapat 3 siswa yang tuntas yaitu 20% dari total, sedangkan 12 siswa tidak tuntas atau mewakili 80% dari total. Pada siklus awal, 7 siswa berhasil menyelesaikannya dengan tingkat penyelesaian 46,6%. Selain itu, terdapat 8 orang siswa yang tidak tuntas dalam satu siklus, sehingga tingkat tidak tuntasnya sebesar 53,3%. Pada siklus II jumlah siswa yang berhasil tuntas bertambah menjadi 15 orang sehingga persentase ketuntasan sebesar 86,6%. Selain itu, terdapat 2 siswa yang tidak tuntas dengan proporsi 13,3%. Dengan menerapkan pendekatan Project Based Learning maka hasil belajar Dasar Desain Komunikasi Visual pada siswa kelas X DKV SMK Negeri 1 Langowan dapat ditingkatkan.
References
Arikunto 2017, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta
Abdurrahman, Mulyono. (2012). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : Rineka Cipta
Basyiruddin Usman. 2002. Media Pendidikan. Jakarta: Ciputat Press
Daryanto dan Rahardjo, M. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.
Fathurrohman, M. (2016). Model Pembelajaran Inovatif: Alternatif desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group.
Hasibuan, Malayu S.P. 2002 .Manajemen Sumber daya manusia. Jakarta: PT Bumi perkasa
Isriani & Puspitasari, D. (2015). Strategi Pembelajaran Terpadu: Teori, Konsep & Implementasi. Yogyakarta: Relasi Inti Media Group.
Landa, R. (2011). Graphic Design Solutions 5th. USA: Clark Baxter
Mulyasa, E. (2014). Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muhibbin Syah. 2017. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Nurhasanah Siti, A. Sobandi. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Setiabudhi Bandung: Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol. 1 No.1
Riyanto, Yatim. 2009. Paradigma Baru pembelajaran (Sebagai Referensi Baru `Bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas). Jakarta: Kencana Prenada Group.
Saefudin, A & Berdiati, I. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Roskadarya.
Sudjana (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suyono & Hariyanto. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta:Rineka Cip
Winataputra Udin S, dkk.2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas terbuka.
Widiasworo, E. (2016). Strategi Dan Metode Mengajar Siswa Diluar Kelas (Outdoor Leaning) Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif, Dan Komunikatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group.