Penerapan Model Project Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Desain Komunikasi Visual Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Langowan

Authors

  • Injelin Barao Universitas Negeri Manado
  • Johan Reimon Batmetan Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado
  • Mario Tulenan Parinsi Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado

Keywords:

Hasil Belajar, PBL, PTK

Abstract

Efektivitas Pembelajaran Berbasis Proyek masih terbatas karena berbagai faktor. Pertama, siswa belum sepenuhnya memahami konsep dan teknik yang berkaitan dengan sketsa dan ilustrasi yang penting untuk proses pembelajaran. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Project Based Learning dapat meningkatkan prestasi pendidikan pada pelajaran dasar desain komunikasi visual. Penelitian ini menghasilkan hasil sebagai berikut: pada pre-test terdapat 3 siswa yang tuntas yaitu 20% dari total, sedangkan 12 siswa tidak tuntas atau mewakili 80% dari total. Pada siklus awal, 7 siswa berhasil menyelesaikannya dengan tingkat penyelesaian 46,6%. Selain itu, terdapat 8 orang siswa yang tidak tuntas dalam satu siklus, sehingga tingkat tidak tuntasnya sebesar 53,3%. Pada siklus II jumlah siswa yang berhasil tuntas bertambah menjadi 15 orang sehingga persentase ketuntasan sebesar 86,6%. Selain itu, terdapat 2 siswa yang tidak tuntas dengan proporsi 13,3%. Dengan menerapkan pendekatan Project Based Learning maka hasil belajar Dasar Desain Komunikasi Visual pada siswa kelas X DKV SMK Negeri 1 Langowan dapat ditingkatkan.

References

Arikunto 2017, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta

Abdurrahman, Mulyono. (2012). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : Rineka Cipta

Basyiruddin Usman. 2002. Media Pendidikan. Jakarta: Ciputat Press

Daryanto dan Rahardjo, M. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Fathurrohman, M. (2016). Model Pembelajaran Inovatif: Alternatif desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group.

Hasibuan, Malayu S.P. 2002 .Manajemen Sumber daya manusia. Jakarta: PT Bumi perkasa

Isriani & Puspitasari, D. (2015). Strategi Pembelajaran Terpadu: Teori, Konsep & Implementasi. Yogyakarta: Relasi Inti Media Group.

Landa, R. (2011). Graphic Design Solutions 5th. USA: Clark Baxter

Mulyasa, E. (2014). Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhibbin Syah. 2017. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Nurhasanah Siti, A. Sobandi. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Setiabudhi Bandung: Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol. 1 No.1

Riyanto, Yatim. 2009. Paradigma Baru pembelajaran (Sebagai Referensi Baru `Bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas). Jakarta: Kencana Prenada Group.

Saefudin, A & Berdiati, I. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Roskadarya.

Sudjana (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suyono & Hariyanto. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta:Rineka Cip

Winataputra Udin S, dkk.2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas terbuka.

Widiasworo, E. (2016). Strategi Dan Metode Mengajar Siswa Diluar Kelas (Outdoor Leaning) Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif, Dan Komunikatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group.

Downloads

Published

2024-03-01

How to Cite

Barao, I., Batmetan, J. R., & Parinsi, M. T. (2024). Penerapan Model Project Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Desain Komunikasi Visual Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Langowan. Journal of Education Method and Technology : JEMTech, 22-31. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jemtec/article/view/8884

Issue

Section

Articles