Penerapan Model Project Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Desain Komunikasi Visual Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Langowan
Keywords:
Hasil Belajar, PBL, PTKAbstract
Efektivitas Pembelajaran Berbasis Proyek masih terbatas karena berbagai faktor Pertama siswa belum sepenuhnya memahami konsep dan teknik yang berkaitan dengan sketsa dan ilustrasi yang penting untuk proses pembelajaran Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Project Based Learning dapat meningkatkan prestasi pendidikan pada pelajaran dasar desain komunikasi visual Penelitian ini menghasilkan hasil sebagai berikut: pada pre test terdapat 3 siswa yang tuntas yaitu 20 dari total sedangkan 12 siswa tidak tuntas atau mewakili 80 dari total Pada siklus awal 7 siswa berhasil menyelesaikannya dengan tingkat penyelesaian 46 6 Selain itu terdapat 8 orang siswa yang tidak tuntas dalam satu siklus sehingga tingkat tidak tuntasnya sebesar 53 3 Pada siklus II jumlah siswa yang berhasil tuntas bertambah menjadi 15 orang sehingga persentase ketuntasan sebesar 86 6 Selain itu terdapat 2 siswa yang tidak tuntas dengan proporsi 13 3 Dengan menerapkan pendekatan Project Based Learning maka hasil belajar Dasar Desain Komunikasi Visual pada siswa kelas X DKV SMK Negeri 1 Langowan dapat ditingkatkan < p>
References
Arikunto 2017 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Rineka Cipta Jakarta
Abdurrahman Mulyono 2012 Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar Jakarta : Rineka Cipta
Basyiruddin Usman 2002 Media Pendidikan Jakarta: Ciputat Press
Daryanto dan Rahardjo M 2012 Model Pembelajaran Inovatif Yogyakarta: Gava Media
Fathurrohman M 2016 Model Pembelajaran Inovatif: Alternatif desain Pembelajaran yang Menyenangkan Yogyakarta: Ar Ruzz Media Group
Hasibuan Malayu S P 2002 Manajemen Sumber daya manusia Jakarta: PT Bumi perkasa
Isriani Puspitasari D 2015 Strategi Pembelajaran Terpadu: Teori Konsep Implementasi Yogyakarta: Relasi Inti Media Group
Landa R 2011 Graphic Design Solutions 5th USA: Clark Baxter
Mulyasa E 2014 Implementasi Kurikulum 2013 Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Muhibbin Syah 2017 Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nurhasanah Siti A Sobandi 2016 Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa Setiabudhi Bandung: Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol 1 No 1
Riyanto Yatim 2009 Paradigma Baru pembelajaran Sebagai Referensi Baru `Bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas Jakarta: Kencana Prenada Group
Saefudin A Berdiati I 2014 Pembelajaran Efektif Bandung: PT Remaja Roskadarya
Sudjana 2005 Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Suyono Hariyanto 2012 Belajar dan Pembelajaran Bandung: Remaja Rosdakarya
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain 2002 Strategi Belajar Mengajar Jakarta:Rineka Cip
Winataputra Udin S dkk 2007 Teori Belajar dan Pembelajaran Jakarta: Universitas terbuka
Widiasworo E 2016 Strategi Dan Metode Mengajar Siswa Diluar Kelas Outdoor Leaning Secara Aktif Kreatif Inspiratif Dan Komunikatif Yogyakarta: Ar Ruzz Media Group