Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dengan Pendekatan Computational Thinking Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Informatika di SMA
Keywords:
Model Pembelajaran berbasis Proyek, Computational Thinking, InformatikaAbstract
Tujuan penelitian penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar informatika siswa kelas XI B Informatika MA Arafah Bitung menggunakan model Pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan Computational Thinking. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) . Data diperoleh setelah dilakukan Tindakan berupa penerapan model pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan Computational Thinking dengan hasil belajar siswa mencapai nilai minimal ≥78 dan presentase ketuntasan belajar paling sedikit 80% dari siswa yang tuntas belajar. Subjek dalam penelitan ini yaitu siswa kelas XI B MA Arafah Bitung yang berjumlah 27 siswa. Pada kondisi awal diberikan pre-test untuk mengetahui tingkat pengetahuan siswa sebelum menggunakan model Pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan Computational Thinking. Berdasarkan data yang diperoleh pada saat pre-test hanya 8 siswa yang tuntas belajar dengan presentase ketuntasan 30%. Pada siklus I dengan menggunakan model Pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan Computational Thinking terjadi peningkatan sebanyak 15 siswa dinyatakan tuntas dengan presentase ketuntasan 56%. Sedangakan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat, sebanyak 23 siswa dinyatakan lulus dengan presentase ketuntasan 85%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan Computational Thinking dapat meningkatkan hasil belajar Informatika siswa kelas XI B MA Arafah Bitung.
References
Apriani, Ismiarty, Dyah Susilowati, Kartarina, Wiya Suktiningsih. 2021. Penerapan Computational Thinking pada Pelajaran Matematika di Madrarsah Ibtidaiyah Nurul Islam Sekarbela Mataram. ADMA: Jurnal pengabian dan pemberdayaan masyarakat
Daryanto, M, Raharjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif (1st ed). Yogyakarta: Gave media.
Dimyati, M., & Mudjiono, D. (2021). Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Fathonah, R. A., Handayani, T. O., & Indrapangastuti, D. The Role of Project Based Learning (PjBL) in Improving Elementary School Students. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 6, No. 1, pp. 350-357).
Karmapati. (2021). Kumpulan Artikan mahasiswa pendidikan informatika. undiksa.
Masfingatin, T., & Maharani, S. (2019). Computational thinking: Students on proving geometry theorem. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(09), 2216-2223.
Miksan Ansori, 2020. Pemikiran Komputasi (Computational Thinking) dalam Pemecahan Masalah. DIRASAH
Muhammad Ngafifi, Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya, Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi Vol. 2, No. 1, 2014, 34-36.
Nazir, M. (2012). MetodePenelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nurma Haya Julianti, Puguh Darmawan, Dzurotul Mutimmah. 2022. Computational Thinking dalam Memecahkan Masalah High Order Thinking Skill Siswa
Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Celeban Timur UH III Yogyakarta 55167 : Pustaka Belajar.
Ramdhani, R., Kholisho, Y. N., & Arianti, B. D. D. (2018). Studi komparasi antara model pembelajaran PJBL dan CTL terhadap hasil dan keaktifan belajar siswa. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 2(1), 8-13.
Rike Andriani, Rasto Rasto. 2019. Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Manper: Junal pendidikan manajemen perkantoran
Rona Taula Sari, Siska Angreni. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning PJBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Varia Pendidikan
Salehudin, M. (2023). Menggunakan Model Pembelajaran Untuk Implementasi Computational Thinking Bagi
Guru Madrasah. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 10(2), 407-425.
Salsabila, A., & Puspitasari, P. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa Sekolah Dasar. Pandawa, 2(2), 278-288,
Sansaka Megahantara, G. (2017). Pengaruh Teknologi Terhadap Pendidikan di Abad 21.
Selby, C., & Woollard, J. (2013). Computational thinking: the developing definition.
Suharti, Fadhilah Nur Sa’diyyah; Sitti Mania; 2020. “Pengembangan Instrumen Tes Matematika Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa.” Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI)
Syamsu Rijal, Suhaedir Bachtiar. 2015. Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal BIOEDUKATIKA
Wijanto, M. C., Ayub, M., Senjaya, W. F., Toba, H., Santosa, S., Karnalim, O., Kandaga, T., Panca, B. S., Sujadi, F. S., Edi, D., & Adelia. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Tantangan Bebras untuk Siswa di Biro Universitas Kristen Maranatha pada tahun 2017 -2018 untuk Edukasi Computational Thinking.
Wing, J. M., Henderson, P. B., Cortina, T. J., & Hazzan, O. (2007). Computational Thinking
Yudhi Permana Putra. 2022. Perancangan Aplikasi E- Modul Pembelajaran Informatika di MTS Negeri 6 AGAM. Edukasi Elektro