Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dengan Pendekatan Computational Thinking Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Informatika di SMA

Authors

  • Abdul Nizar Botutihe Manado State University image/svg+xml
  • Hiskia Kamang Manggopa Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado
  • Olivia Eunike Selvie Liando Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado

Keywords:

Model Pembelajaran berbasis Proyek, Computational Thinking, Informatika

Abstract

Tujuan penelitian penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar informatika siswa kelas XI B Informatika MA Arafah Bitung menggunakan model Pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan Computational Thinking< em> Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas PTK Data diperoleh nbsp; setelah dilakukan Tindakan berupa penerapan model pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan Computational Thinking< em> dengan hasil belajar siswa mencapai nilai minimal 78 dan presentase ketuntasan belajar paling sedikit 80 dari siswa yang tuntas belajar Subjek dalam penelitan ini yaitu siswa kelas XI B MA Arafah Bitung yang berjumlah 27 siswa Pada kondisi awal diberikan pre test untuk mengetahui tingkat pengetahuan siswa sebelum menggunakan model Pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan Computational Thinking< em> Berdasarkan data yang diperoleh pada saat pre test hanya 8 siswa yang tuntas belajar dengan presentase ketuntasan 30 Pada siklus I dengan menggunakan model Pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan Computational Thinking< em> terjadi peningkatan sebanyak 15 siswa dinyatakan tuntas dengan presentase ketuntasan 56 Sedangakan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat sebanyak 23 siswa dinyatakan lulus dengan presentase ketuntasan 85 Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan Computational Thinking< em> dapat meningkatkan hasil belajar Informatika siswa kelas XI B MA Arafah Bitung < p>

References

Apriani Ismiarty Dyah Susilowati Kartarina Wiya Suktiningsih 2021 Penerapan Computational Thinking pada Pelajaran Matematika di Madrarsah Ibtidaiyah Nurul Islam Sekarbela Mataram ADMA: Jurnal pengabian dan pemberdayaan masyarakat

Daryanto M Raharjo 2012 Model Pembelajaran Inovatif 1st ed Yogyakarta: Gave media

Dimyati M Mudjiono D 2021 Belajar dan Mengajar Jakarta: PT Rineka Cipta

Fathonah R A Handayani T O Indrapangastuti D The Role of Project Based Learning PjBL in Improving Elementary School Students In Social Humanities and Educational Studies SHES : Conference Series Vol 6 No 1 pp 350 357

Karmapati 2021 Kumpulan Artikan mahasiswa pendidikan informatika undiksa

Masfingatin T Maharani S 2019 Computational thinking: Students on proving geometry theorem International Journal of Scientific Technology Research 8 09 2216 2223

Miksan Ansori 2020 Pemikiran Komputasi Computational Thinking dalam Pemecahan Masalah DIRASAH

Muhammad Ngafifi Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi Vol 2 No 1 2014 34 36

Nazir M 2012 MetodePenelitian Jakarta: Ghalia Indonesia

Nurma Haya Julianti Puguh Darmawan Dzurotul Mutimmah 2022 Computational Thinking dalam Memecahkan Masalah High Order Thinking Skill Siswa

Purwanto 2013 Evaluasi Hasil Belajar Celeban Timur UH III Yogyakarta 55167 : Pustaka Belajar

Ramdhani R Kholisho Y N Arianti B D D 2018 Studi komparasi antara model pembelajaran PJBL dan CTL terhadap hasil dan keaktifan belajar siswa Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika 2 1 8 13

Rike Andriani Rasto Rasto 2019 Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa Manper: Junal pendidikan manajemen perkantoran

Rona Taula Sari Siska Angreni 2018 Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning PJBL Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Varia Pendidikan

Salehudin M 2023 Menggunakan Model Pembelajaran Untuk Implementasi Computational Thinking Bagi

Guru Madrasah EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan Sains dan Teknologi 10 2 407 425

Salsabila A Puspitasari P 2020 Faktor faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa Sekolah Dasar Pandawa 2 2 278 288

Sansaka Megahantara G 2017 Pengaruh Teknologi Terhadap Pendidikan di Abad 21

Selby C Woollard J 2013 Computational thinking: the developing definition

Suharti Fadhilah Nur Sa diyyah; Sitti Mania; 2020 Pengembangan Instrumen Tes Matematika Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif JPMI

Syamsu Rijal Suhaedir Bachtiar 2015 Hubungan antara Sikap Kemandirian Belajar dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa Jurnal BIOEDUKATIKA

Wijanto M C Ayub M Senjaya W F Toba H Santosa S Karnalim O Kandaga T Panca B S Sujadi F S Edi D Adelia 2019 Evaluasi Pelaksanaan Tantangan Bebras untuk Siswa di Biro Universitas Kristen Maranatha pada tahun 2017 2018 untuk Edukasi Computational Thinking

Wing J M Henderson P B Cortina T J Hazzan O 2007 Computational Thinking

Yudhi Permana Putra 2022 Perancangan Aplikasi E Modul Pembelajaran Informatika di MTS Negeri 6 AGAM Edukasi Elektro

Downloads

Published

2024-03-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dengan Pendekatan Computational Thinking Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Informatika di SMA. (2024). Journal of Education Method and Technology : JEMTech, 38 45. https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jemtec/article/view/8887