Pengembangan Media Pembelajaran Bentuk Molekul 3D Menggunakan Augmented Reality Berbasis Mobile di SMA N 2 Tareran
Keywords:
Media Pembelajaran, Augmented Reality, MDLC, K13Abstract
Penelitian ini mengembangkan sebuah media interaktif untuk memfasilitasi dan meningkatkan minat belajar siswa - siswi terhadap mata pelajaran kimia di sekolah SMA N 2 Tareran terutama untuk siswa kelas X. media pembelajaran ini menampilkan materi tentang bentuk molekul yang membahas bentuk molekul hibridisasi dan domain elektron yang disajikan dalam bentuk 3D yang berjumlah 16 bentuk dan dikemas dalam sebuah aplikasi dengan platform pembelajaran digital yaitu Augmented Reality. Penelitian ini menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cicle) yang dibagi menjadi 6 tahapan yaitu concept, design,material collecting, assembly, testing , dan distribution. uji coba dari kelayakan aplikasi ini dibagi menjad developer test, uji ahli media, dan end user test yang terdiri dari siswa dan ahli materi dalam alur pengambilan data untuk membuktikan kelayakan aplikasi agar bisa didistribusikan ke SMA Negeri 2 Tareran aplikasi dibuat berdasarkan silabus dan RPP dalam uji kelayakan aplikasi dilakukan dengan pendekatan blackbox testing terfokus pada tampilan AR dan materi yang dicantumkan. Tampilan materi yang dirangkum dibuat dalam bentuk scene.
References
Apriyani, M. E., Huda, M., & Prasetyaningsih, S. (2016). Analisis Penggunaan Marker Tracking Pada Augmented Reality Huruf Hijaiyah. Jurnal Infotel, Vol. 8 No.1 Mei 2016.
Enterprise, J. (2019). Belajar Pemrograman Dengan Visual Studio. Jakarta: Pt. Elex Media Komputindo.
Grubert, J., & Grasset, D. R. (2013). Augmented Reality For Android Application Development. Birmingham: Packt Publishing Ltd.
Ichwan, M., & Hakiky, F. (2011). Pengukuran Kinerja Goodreads Application Programming Interface (Api) Pada Aplikasi Mobile Android (Studi Kasus Untuk Pencarian Data Buku). Jurnal Informatika, No.2 , Vol. 2, Me
Juansyah, A. (2015). Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted-Global Positioning System (A-Gps) Dengan Platform Android. Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika (Komputa), Volume. 1 Agustus.
NINGSIH, W. A. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Berorientasi Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Materi Bentuk Molekul Di Sma.Karya Ilmiah, 1-186.
Utomo, D. R. A., & Erwansyah, E. (2015). Pengembangan Modul Augmented Reality untuk Pembelajaran Biologi SMA Kelas X Materi Sistem Ekskresi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 17, 63-72.
Oktavia, C. A., Setiawan, R. F., & Christianto, A. (2019). Perancangan Aplikasi Augmented Reality Untuk Pengenalan Ruangan Menggunakan Marker 3D Objects Tracking. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, Vol.13, No.1, Tahun 2019.
Utomo, D. R. A., & Erwansyah, E. (2015). Pengembangan Modul Augmented Reality untuk Pembelajaran Biologi SMA Kelas X Materi Sistem Ekskresi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 17, 63-72.
Mahendra, I. B. (2016). Implementasi Augmented Reality (Ar) Menggunakan Unity 3d Dan Vuporia Sdk. Jurnal Ilmiah, Vol. 9, No. 1, April 2016.
Rachmawati, D., & Ramdhani, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Berbasis Android pada Materi Pokok Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3, 355-363.