Korelasi Antara Motivasi Guru Dan Karakter Disiplin Dengan Prestasi Belajar Siswa SMK Negeri 1 Tondano
Keywords:
Motivasi Guru, Karakter Disiplin, Prestasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi atau hubungan antara Motivasi Guru dan Karakter Disiplin terhadap Prestasi Belajar siswa di SMK Negeri 1 Tondano. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Selanjutnya data di olah dengan menggunakan SPSS versi 16. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 1 Tondano Tahun Ajaran 2022/2023 sebanyak 255 siswa dan untuk sampel berjumlah 55 siswa yang diambil dari masing - masing. Instrumen penelitian motivasi guru dan karakter disiplin menggunakan angket sedangkan pada Prestasi belajar mengunakan nilai mata pelajaran produktif di setiap kelas. Adapun hasil penelitian ini menunjukan Motivasi Guru (X1) memiliki korelasi dengan Prestasi belajar (Y) dengan nilai korelasi 0,659 dan koefisien determinasi sebesar R2 = 0,566, Karakter Disiplin (X2) memiliki korelasi dengan hasil belajar (Y) dengan nilai korelasi 0,758 dengan koefisien determinasi sebesar R2 = 0,452. Kemudian Motivasi Guru (X1) dan Karakter Disiplin (X2) memiliki korelasi dengan hasil belajar (Y) dengan nilai korelasi 0,759 dan koefisien determinasi sebesar R2 = 0,576.
References
Asmara. 2009. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Darmadi, Hamid. 2010. Kemampuan Dasar Mengajar Landasan Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2003. Jakarta: Balai Pustaka.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19 (edisi kelima). Semarang: Universitas Diponegoro.
Hamalik, Oemar. 2000. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
____________. 2008. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hasan, M. Iqbal. 2006. Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Bogor: Ghalia Indonesia.
Hasibuan, Malayu S.P. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hernawan, Asep Herry. 2008. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka Press.
Hetika. 2008. Buku Penuntun Membuat Tesis, Skripsi, Disertasi, Makalah. Bandung: Bumi Aksara.
Hurlock, Elizabeth B. 1980. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (Edisi 5). Diterjemahkan oleh Istiwidayanti dan Soedjarwo. 2008. Jakarta: Erlangga.
Husdarta, H. J. S. 2010. Sejarah dan Filsafat Olahraga. Bandung: Alfabeta. Imron, Ali. 2011. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: PT. Bumi
Suryabrata, Sumardi. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindi Persada.
Syah, Muhibin. 2014. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sobur, Alex. 2003. Psikologi Umum. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Sugihartono., Fathiyah, K., dan Setiawati, F. 2007. Psikologi Pendidikan Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono. 2007. Penelitan untuk Skripsi. Bandung: Alfabeta.
________. 2012. Metode Penelitan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
________. 2014. Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Metode Penelitian Pendididkan Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
_________. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tanzeh, Ahmad. 2009. Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Sukses Offset. Tanzeh, Ahmad dan Suyitno. 2006. Dasar-dasar Penelitian. Surabaya: Elkaf.
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Grasindo.
Winarno, W.W. 2011. Analisis Ekonometrika dan Statistika dengan Ketiga, Cetakan pertama. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan (UPP STIM YKPN).