Pengembangan Media Pengenalan Unsur Atom Berbasis Augmented Reality di SMA
Keywords:
Augmented Reality (AR), MDLC, Teori Atom, Unsur Atom, AplikasiAbstract
Aplikasi Pengenalan Unsur Atom dibuat menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) dengan pendeteksi marker untuk menampilkan bentuk 3D. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat aplikasi media pembelajaran untuk siswa dalam membantu proses pembelajaran tentang bentuk unsur atom dan model-model dari teori atom yang ada. Aplikasi pengenalan unsur atom ini diberi nama Chemical Atom. Dalam proses pembuatan aplikasi Chemical Atom, digunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) dengan 6 tahapan yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Chemical Atom dibuat menggunakan aplikasi Unity 3D, Blender 3D, Microsoft Visual Studio dengan penggunaan Vuforia SDK untuk mengaktifkan kamera AR dan pembuatan marker. Tahap testing dilakukan dengan metode pendekatan black box testing oleh developer dan pengujian aplikasi pengenalan unsur atom oleh validator ahli media dan validator ahli materi serta menggunakan uji kompatibilitas pada beberapa perangkat android.
References
Apriani, R., dkk. (2021). Pengembangan Modul Berbasis Multipel Representasi Dengan Bantuan Teknologi Augmented Reality Untuk Membantu Siswa Memahami Konsep Ikatan Kimia. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, e-ISSN: 2620-553X, 305-330.
Ardian Zalfie, dkk. (2021). Pembuatan Aplikasi AR Geokul Sebagai Media Pembelajaran Bentuk Molekul Pada Mata Pelajaran Kimia Di SMA Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. Journal of Informatics and Computer Science, e-ISSN: 2615-5346, 68-71.
Aris, A., Fitria, A., Ihtisyamuddin, L. (2020). Chemistry Structure Sheet sebagai Media Pembelajaran Kimia Berbasis Augmented Reality pada materi struktur atom. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, e-ISSN: 2549-1458, 77-81.
Furi, A. R., & Rozi, F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Augmented Reality. Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika, e-ISSN: 2540-8984, 457-464.
Hendra Nelva Saputra. (2020). Augmented Reality Dalam Pembelajaran. Indonesian Digital Journal of Matematics and Education, e-ISSN: 2505-602X, 92-97.
Hikmah, M., M., dkk. (2022) CHEMAR (Chemistry Augmented Reality) Pada Sistem Periodik Unsur Sebagai Media Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Abstrak Siswa. Jurnal Pendidikan Kimia, ISSN: 2337-9995, 221-230.
Kusdiana, D., dkk. (2019). Simulasi Reaksi Pembentukan Molekul Kimia Menggunakan Teknologi Augmented Reality. Jurnal Produktif, e-ISSN: 2615-6350, 207-216.
Masrura, A. F., Aditya, M. F., Isron, M. H., Dermawan, D. A., & Nerisafitra, P. (2020). CUBID EC : Aplikasi Edukasi Berbasis Android Menggunakan Augmented Reality. Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Teknik Informatika, e-ISSN: 2549-354x, 29-36.
Nandyansah, W., & Suprapto, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Abstrak Pada Materi Model Atom. Inovasi Pendidikan Fisika, ISSN: 2302-4496, 756-760.
Putra, G., & Fajri, B. R. (2022). Rancang Bangun Aplikasi Android Pengenalan Unsur Atom Pada Mata Pelajaran Kimia Berbasis Augmented Reality. Jurnal Pendidikan Tambusai, ISSN: 2614-3097, 1142-1148.
Putri, Y, D., Elvia, R., Amir, H,. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, e-ISSN: 2615-2819 , 168-174.
Rahmat, R., & Noviyanti, N. (2021). Augmented Reality Untuk Materi Bangun Ruang Menggunakan Unity 3D, Vuforia SDK Dan Aplikasi Blender. Jurnal Teknik Informatika Aceh, e-ISSN: 2503-1171, 86-92.
Sungkono, S., Apiati, V., Santika, S. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Pendidikan Matematika, e-ISSN: 2527-8827 , 459-470.
Supriono, N., & Rozi, F. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Bentuk Molekul Kimia Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika, e-ISSN: 2540-8984 , 53-61.
Syafii, M., Candra, F. (2020). Pembuatan Aplikasi Modul Interaktif Chemistry Magazine Dengan Teknologi Augmented Reality Pada Materi Termokimia Kelas XI SMA/MA Berbasis Android. SATIN - Sains dan Teknologi Informasi, ISSN: 2527-9114, 63-69.
Wahyu Nur Hidayat, dkk. (2019). Peningkatan Keterampilan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Untuk Guru SMK. Jurnal Graha Pangabdian, e-ISSN: 2715-5714, 93-103.