Pengaruh Penggunaan Jaringan Internet dan Kesiapan Belajar terhadap hasil Belajar Siswa SMK N 3 Tondano

Authors

  • Yeremia Mondoringin Fakultas Teknik
  • Parabelem Tinno Dolf Rompas Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Hiskia Kamang Manggopa Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

Keywords:

Jaringan Internet, Kesiapan Belajar, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Salah satu tujuan penggunaan internet dalam pendidikan adalah mengatasi keterbatasan sumber belajar yang selama ini hanya disediakan oleh sekolahan dan perpustakaan dapat dilengkapi dengan dunia maya. Siswa yang tidak memiliki kesiapan dalam belajar cenderung menunjukkan hasil dan prestasi belajarnya rendah, sebaliknya siswa yang memiliki kesiapan dalam belajar cenderung menunjukkan hasil belajar yang tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan adanya pengaruh positif penggunaan jaringan internet dan kesiapan   belajar   terhadap   hasil   belajar   siswa dan menjelaskan besar sumbangan jaringan internet dan kesiapan belajar terhadap hasil belajar siswa di SMK N 3 Tondano. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif bersifat korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X, XI dan XII pada jurusan TKJ SMK Negeri 3 Tondano yang berjumlah 85 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini penelitian ini yaitu siswa kelas 11 pada jurusan TKJ SMK Negeri 3 Tondano, dengan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 30 siswa menggunakan teknik purposive Sampel. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik Anaslisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menujukkan 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan jaringan internet terhadap hasil belajar siswa, dibuktikan nilai Fhitung =4,876 lebih besar Ftabel =4,18 dan nilai signifikansi = 0,036<0,05 ; 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kesiapan belajar terhadap hasil belajar siswa, dibuktikan nilai Fhitung =23,717 lebih besar Ftabel =4,18 dan nilai signifikansi = 0,036<0,05 ; 3) ada pengeruh positif dan signifikan secara bersama-sama antara penggunaan jaringan internet dan kesiapan belajar dengan hasil belajar siswa, dibuktikan nilai fhitung sebesar 16,520lebih besar dari ftabel 4,210 dengan nilai signifikansi 0,001 lebih kecil dari 0,05. Besarnya koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,550, artinya sebesar 55% hasil belajar siswa dipengaruhi oleh penggunaan jaringan internet dan kesiapan belajar sedangkan sisanya 45% dipengaruhi oleh faktor lain.

References

Ahira, Anne. 2011. Pengaruh Internet Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Diambil dari http://www.anneahira.com. Diunduh pada tanggal 13 November 2011.

Ahmadi & Hermawan. (2013). E-Business & E-Commerce. Yogyakarta: Andi.

Arikunto, S. 2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Adri, Muhammad. 2007. Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Pembelajaran. Makalah dalam rangka Semiloka Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi FT Padang, 22-23 Agustus 2007.

Agus, Suprijono. 2011. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, Suharsimi. 1992. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Boettcher, Judith V. 1999. Faculty Guide for Moving Teaching and Learning to the Web, League for Innovation in the Community College, USA

Darsono dkk. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Depdiknas. 2003. Pedoman Pembuatan Laporan Hasil Belajar SMP. Jakarta: Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama.

Gotlif Onirca Sina, & dkk. 2021. Pengaruh Penggunaan Jaringan Internet pada Pembelajaran Daring dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika Volume 6, Nomor 3, Desember 2021, pp. 115-122

Hamalik, O. (2007). Proses Belajar Mengajar Jakarta:Bumi Aksara.

Husni dan Fatulloh (2016). Kategorisasi Pengguna Internet di Kalangan Pelajar SD dan SMP Menggunakan Metode Twostep Cluster. Jurnal Prodi Teknik Informatika, Agustus 2016

Hermawan. (2013). E-Business & E-Commerce. Yogyakarta: Andi.

Kadir Abdul. (2003). Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset. Adara

Munir. 2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta

Nashar, Drs. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan awal dalam kegiatanPembelajaran. Jakarta: Delia Press

Oetomo Sutedjo Dharma, Budi. 2002. e-Education Konsep, Teknologi dan Aplikasi Internet Pendidikan. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Riduwan. 2010. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta

Soemanto, Wasty. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Sibero, 2011, Kitab Suci Web Programming, MediaKom, Yogyakarta

Sinta, V. B. (2017). Pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar Mata pelajaran ekonomi Kelas X Di SMA Bina Jaya Palembang. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi. 1, (1), 11-20.

Susilana, Rudi dkk. 2006. Kurikulum Pembelajaran. Bandung: Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP UPI.

Supriyanto, Dodit. 2008, Buku Pintar Pemrograman PHP. Bandung : Penerbit OASE Media

Syafrizal, Melwin. 2005. Pengantar Jaringan Komputer. Yogyakarta: Andi Offset.

http://www.anneahira.com. Diunduh pada tanggal 13 November 2011.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutrisno Hadi. 1986. metodologi reserch, jilid I: jakarta: UGM.

Sidharta Lhani, 1996. Internet Informasi Bebas hambatan. Jakarta. Media Elex Komputindo

Vovi Sinta B. 2017. Pengaruh Kesiapan Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran ekonomi Kelas X di SMA Bina Jaya Palembang. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi Volume 1, No. 1, Februari 2017: Page 11-20 SSN 2549-1377

Downloads

Published

2024-06-03

How to Cite

Mondoringin, Y., Rompas, P. T. D., & Manggopa, H. K. (2024). Pengaruh Penggunaan Jaringan Internet dan Kesiapan Belajar terhadap hasil Belajar Siswa SMK N 3 Tondano. Journal of Education Method and Technology : JEMTech, 37-47. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jemtec/article/view/9313

Issue

Section

Articles