Pengaruh Penggunaan Jaringan Internet dan Kesiapan Belajar terhadap hasil Belajar Siswa SMK N 3 Tondano
Keywords:
Jaringan Internet, Kesiapan Belajar, Hasil Belajar SiswaAbstract
Salah satu tujuan penggunaan internet dalam pendidikan adalah mengatasi keterbatasan sumber belajar yang selama ini hanya disediakan oleh sekolahan dan perpustakaan dapat dilengkapi dengan dunia maya Siswa yang tidak memiliki kesiapan dalam belajar cenderung menunjukkan hasil dan prestasi belajarnya rendah sebaliknya siswa yang memiliki kesiapan dalam belajar cenderung menunjukkan hasil belajar yang tinggi Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan adanya pengaruh positif penggunaan jaringan internet dan kesiapan nbsp; nbsp; belajar nbsp; nbsp; terhadap nbsp; nbsp; hasil nbsp; nbsp; belajar nbsp; nbsp; siswa dan menjelaskan besar sumbangan jaringan internet dan kesiapan belajar terhadap hasil belajar siswa di SMK N 3 Tondano Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif bersifat korelasional Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X XI dan XII pada jurusan TKJ SMK Negeri 3 Tondano yang berjumlah 85 siswa Pengambilan sampel dalam penelitian ini penelitian ini yaitu siswa kelas 11 pada jurusan TKJ SMK Negeri 3 Tondano dengan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 30 siswa menggunakan teknik purposive Sampel Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas Teknik Anaslisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana dan regresi ganda Hasil penelitian menujukkan 1 terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan jaringan internet terhadap hasil belajar siswa dibuktikan nilai Fhitung =4 876 lebih besar Ftabel =4 18 dan nilai signifikansi = 0 036 lt;0 05 ; 2 terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kesiapan belajar terhadap hasil belajar siswa dibuktikan nilai Fhitung =23 717 lebih besar Ftabel =4 18 dan nilai signifikansi = 0 036 lt;0 05 ; 3 ada pengeruh positif dan signifikan secara bersama sama antara penggunaan jaringan internet dan kesiapan belajar dengan hasil belajar siswa dibuktikan nilai fhitung sebesar 16 520lebih besar dari ftabel 4 210 dengan nilai signifikansi 0 001 lebih kecil dari 0 05 Besarnya koefisien determinasi R2 sebesar 0 550 artinya sebesar 55 hasil belajar siswa dipengaruhi oleh penggunaan jaringan internet dan kesiapan belajar sedangkan sisanya 45 dipengaruhi oleh faktor lain < p>
References
Ahira Anne 2011 Pengaruh Internet Terhadap Prestasi Belajar Siswa Diambil dari http: www anneahira com Diunduh pada tanggal 13 November 2011
Ahmadi Hermawan 2013 E Business E Commerce Yogyakarta: Andi
Arikunto S 2002 Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal Jakarta: PT Rineka Cipta
Adri Muhammad 2007 Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Pembelajaran Makalah dalam rangka Semiloka Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi FT Padang 22 23 Agustus 2007
Agus Suprijono 2011 Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Arikunto Suharsimi 1992 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: PT Rineka Cipta
Boettcher Judith V 1999 Faculty Guide for Moving Teaching and Learning to the Web League for Innovation in the Community College USA
Darsono dkk 2000 Belajar dan Pembelajaran Semarang: IKIP Semarang Press
Djamarah Syaiful Bahri 2002 Rahasia Sukses Belajar Jakarta: Rineka Cipta
Dimyati dan Mudjiono 2013 Belajar dan Pembelajaran Jakarta: Rineka Cipta
Depdiknas 2003 Pedoman Pembuatan Laporan Hasil Belajar SMP Jakarta: Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama
Gotlif Onirca Sina dkk 2021 Pengaruh Penggunaan Jaringan Internet pada Pembelajaran Daring dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika Volume 6 Nomor 3 Desember 2021 pp 115 122
Hamalik O 2007 Proses Belajar Mengajar Jakarta:Bumi Aksara
Husni dan Fatulloh 2016 Kategorisasi Pengguna Internet di Kalangan Pelajar SD dan SMP Menggunakan Metode Twostep Cluster Jurnal Prodi Teknik Informatika Agustus 2016
Hermawan 2013 E Business E Commerce Yogyakarta: Andi
Kadir Abdul 2003 Pengenalan Sistem Informasi Yogyakarta: Andi Offset Adara
Munir 2008 Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Bandung: Alfabeta
Nashar Drs 2004 Peranan Motivasi dan Kemampuan awal dalam kegiatanPembelajaran Jakarta: Delia Press
Oetomo Sutedjo Dharma Budi 2002 e Education Konsep Teknologi dan Aplikasi Internet Pendidikan Yogyakarta: Andi Yogyakarta
Riduwan 2010 Belajar Mudah Penelitian untuk Guru Karyawan dan Peneliti Pemula Bandung: Alfabeta
Soemanto Wasty 2006 Psikologi Pendidikan Jakarta: Rineka Cipta
Sibero 2011 Kitab Suci Web Programming MediaKom Yogyakarta
Sinta V B 2017 Pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar Mata pelajaran ekonomi Kelas X Di SMA Bina Jaya Palembang Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi 1 1 11 20
Susilana Rudi dkk 2006 Kurikulum Pembelajaran Bandung: Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP UPI
Supriyanto Dodit 2008 Buku Pintar Pemrograman PHP Bandung : Penerbit OASE Media
Syafrizal Melwin 2005 Pengantar Jaringan Komputer Yogyakarta: Andi Offset
http: www anneahira com Diunduh pada tanggal 13 November 2011
Slameto 2010 Belajar dan Faktor Faktor yang Mempengaruhi Jakarta: Rineka Cipta
Sutrisno Hadi 1986 metodologi reserch jilid I: jakarta: UGM
Sidharta Lhani 1996 Internet Informasi Bebas hambatan Jakarta Media Elex Komputindo
Vovi Sinta B 2017 Pengaruh Kesiapan Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran ekonomi Kelas X di SMA Bina Jaya Palembang Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi Volume 1 No 1 Februari 2017: Page 11 20 SSN 2549 1377