Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Tomohon
Keywords:
Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran Berbasis ProyekAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pada hasil belajar Informatika siswa pada kelas X di SMK Negeri 1 Tomohon dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning Berdasarkan persepsi analis proses pembelajaran di SMK Negeri 1 Tomohon diharapkan siswa dapat dinamis dalam pengalaman pendidikan menumbuhkan daya nalar dan imajinasi namun hal tersebut belum sepenuhnya membuahkan hasil karena begitulah cara siswa kemampuan memaknai materi Informatika yang diperkenalkan oleh pendidik dan hasil belajar siswa masih rendah Kurang bersemangat untuk mengikuti latihan pembelajaran siswa merasa bosan dengan materi yang kurang menarik Model Pembelajaran Berbasis Proyek mencakup tugas tugas kompleks karena pertanyaan dan permasalahan yang sangat menantang dan mengharapkan siswa untuk mengonfigurasi memecahkan masalah dengan mudah memutuskan menyelesaikan latihan analitis dan memberikan pintu terbuka kepada siswa untuk bekerja secara mandiri Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penjajakan tersebut khususnya pada siklus I dengan penggunaan model pembelajaran berbasis proyek diperoleh informasi nilai yaitu 13 siswa 54 dari nilai siswa yang tuntas khususnya 11 siswa 46 Sementara itu pada siklus II dengan menggunakan model pembelajaran serupa terjadi peningkatan hasil belajar yaitu sebanyak 21 siswa 87 telah mencapai KKM Selanjutnya hasil belajar siswa kelas X TKJ 1 SMK Negeri 1 Tomohon dapat diterima dan sesuai dengan harapan peneliti < p>
References
Arikunto 2006 Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Visual dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa pada Pelajaran Matematika Jurnal Edumaspul pp 134 135
Aqib Zainal dkk 2011 Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD SLB dan TK Bandung: Yrama Widya
Arikunto S 2010 Penelitian Tindakan Kelas Jakarta: PT Bumi Aksara
Dimyati dan Mudjiono 2010 Belajar dan Pembelajaran Jakarta: PT RinekaCipta
Daryanto dan Rahardjo 2012 Model Pembelajaran Inovatif Yogyakarta: Gava Media
Djamarah Syaiful Bahri 2008 Psikologi Belajar Jakarta:Rineka Cipta
Hamalik Oemar 2009 Proses Belajar Mengajar Jakarta: PT Bumi Aksara
Ibrahim 2007 Penelitian dan Penilaian Pendidikan Bandung: Sinar Baru
Kristin F 2016 Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Scholaria:Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 74 79
Mulyasa 2014 Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013 Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Novrizaldi 2021 November 19 Tingkat Literasi Indonesia Memprihatinkan Kemenko PMK Siapkan Peta Jalan Pembudayaan Literasi Nasional Diambil dari: https: www kemenkopmk go id tingkat literasiindonesia memprihatinkan kemenko pmk siapkan peta jalan pembudayaan literasi OECD 2018 PISA 2018 Result volume II : Where All Students Can Succeed
Priansa D J 2017 Pengembangan Strategi Model Pembelajaran Bandung Cv Pustaka Setia
Sudrajat 2008 Konsep Sumber Belajar tentang Pendidikan Bogor: Adi Offset
Sugihartono dkk 2015 Psikologi Pendidikan Yogyakarta: UNY Press
Undang undang nomor 20 tahun 2003 Pasal 1 Ayat 1 tentang Sistem Pendidikan Nasional SISIDIKNAS