Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Tomohon

Authors

  • Gerry Windy Runtuwalian Fakultas Teknik
  • Kebri Kein Moudy Pajung Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Rudy Harijadi Wibowo Pardanus Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

Keywords:

Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran Berbasis Proyek

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pada hasil belajar Informatika siswa pada kelas X di SMK Negeri 1 Tomohon dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. Berdasarkan persepsi analis, proses pembelajaran di SMK Negeri 1 Tomohon diharapkan siswa dapat dinamis dalam pengalaman pendidikan, menumbuhkan daya nalar dan imajinasi, namun hal tersebut belum sepenuhnya membuahkan hasil, karena begitulah cara siswa kemampuan memaknai materi Informatika yang diperkenalkan oleh pendidik dan hasil belajar siswa masih rendah. Kurang bersemangat untuk mengikuti latihan pembelajaran, siswa merasa bosan dengan materi yang kurang menarik. Model Pembelajaran Berbasis Proyek mencakup tugas-tugas kompleks karena pertanyaan dan permasalahan yang sangat menantang, dan mengharapkan siswa untuk mengonfigurasi, memecahkan masalah, dengan mudah memutuskan, menyelesaikan latihan analitis, dan memberikan pintu terbuka kepada siswa untuk bekerja secara mandiri. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penjajakan tersebut, khususnya pada siklus I dengan penggunaan model pembelajaran berbasis proyek, diperoleh informasi nilai yaitu 13 siswa (54%) dari nilai siswa yang tuntas. khususnya 11 siswa (46%). Sementara itu, pada siklus II dengan menggunakan model pembelajaran serupa terjadi peningkatan hasil belajar yaitu sebanyak 21 siswa (87%) telah mencapai KKM. Selanjutnya hasil belajar siswa kelas X TKJ 1 SMK Negeri 1 Tomohon dapat diterima dan sesuai dengan harapan peneliti.

References

Arikunto. (2006). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Visual dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa pada Pelajaran Matematika. Jurnal Edumaspul, pp. 134-135

Aqib, Zainal, dkk. (2011). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya

Arikunto, S (2010), Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Dimyati dan Mudjiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT RinekaCipta

Daryanto dan Rahardjo. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media

Djamarah,Syaiful Bahri. (2008). Psikologi Belajar.Jakarta:Rineka Cipta

Hamalik, Oemar. (2009). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ibrahim. (2007). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.

Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Scholaria:Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 74-79.

Mulyasa. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Novrizaldi (2021, November 19). Tingkat Literasi Indonesia Memprihatinkan, Kemenko PMK Siapkan Peta Jalan Pembudayaan Literasi Nasional. Diambil dari: https://www.kemenkopmk.go.id/tingkat-literasiindonesia-memprihatinkan-kemenko-pmk-siapkan-peta-jalan- pembudayaan-literasi OECD. (2018). PISA 2018 Result (volume II): Where All Students Can Succeed.

Priansa, D, J. (2017). Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran. Bandung Cv. Pustaka Setia

Sudrajat. (2008). Konsep Sumber Belajar tentang Pendidikan. Bogor: Adi Offset..

Sugihartono, dkk. (2015). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Undang-undang nomor 20 tahun 2003 Pasal 1 Ayat 1 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISIDIKNAS)

Downloads

Published

2024-06-03

How to Cite

Runtuwalian, G. W., Pajung, K. K. M., & Pardanus, R. H. W. (2024). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Tomohon. Journal of Education Method and Technology : JEMTech, 48-53. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jemtec/article/view/9314

Issue

Section

Articles