Efektivitas Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Dasar-Dasar Program Keahlian Kelas X TJKT di SMKN 2 Bitung

Authors

  • Joshua Vincent Soegiarto Fakultas Teknik
  • Daniel Riano Kaparang Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Hiskia Kamang Manggopa Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

Keywords:

Efektivitas Pembelajaran Berbasis Proyek, Hasil Belajar, Keaktifan Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecukupan penggunaan model pembelajaran berbasis proyek dibandingkan dengan melibatkan strategi pembelajaran konvensional pada mata pelajaran DDPK. Hasil dari penelitian yang diperoleh adalah peningkatan skor kelas normal dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 4,16%, tepatnya dari 91 menjadi 95. Skor rata-rata pada siklus II pada siswa kategori sangat tinggi meningkat sebesar 11,11%, tepatnya dari 27 siswa menjadi 30 siswa. Hasil belajar peserta didik mencapai tanda kemajuan pada KKM sebesar 100%. Derajat gerak siswa dalam mengikuti pembelajaran meningkat, misalnya latihan mendengar dari 86% menjadi 88%, latihan lisan dari 45% menjadi 61%, latihan mendalam dari 65% menjadi 84%, latihan visual dari 35% menjadi 78%, komposisi dari 65% menjadi 73%, motorik dari 39% menjadi 69%, dan mental dari 66% menjadi 68%. Dari siklus Il hingga lII sebagian besar sudut naik ke tingkat berikutnya. Hasil eksplorasi menunjukkan bahwa pelaksanaan Project Based Learning dapat membantu meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa kelas X TJKT IV SMK N 2 Bitung.

References

Baharudin dan Esa Nur Wahyuni(2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Arruz Media.

Daryanto, dan Mulyo Rahardjo. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Fathurrohman, M. (2016). Model Pembelajaran Inovatif: Alternatif desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group.

Isriani & Puspitasari, D. (2015). Strategi Pembelajaran Terpadu: Teori, Konsep & Implementasi. Yogyakarta: Relasi Inti Media Group

Khairani, E., Maksum, H., Rizal, F., & Adri, M. (2022). Efektivitas Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Project Based Learning selama Pandemi pada Matapelajaran TIK di Sekolah Menengah Pertama Negeri. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 4(1), 81-92.

Khanifatul. 2013. Pembelajaran Inovatif: Strategi Mengelola Kelas Secara Efektif dan Menyenangkan. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.

Koeswibowo, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dapat Meningkatkan Prestasi Tik Materi Menu Dan Ikon Pada Microsoft Word Pada Siswa Kelas VIII F Di SMP Negeri 1 Geneng Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Profesi Dan Keahlian Guru (JPKG), 3(2), 66-73.

Mulyasa, E. (2014). Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rosdianwinata, E., Rifa’i, R., Sutihat, S., & Suryani, N. (2022). Efektifitas Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Berbantu QR Code Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 58-65.

Ruseffendi. E. T. (2005). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan & Bidang NonEksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

Rusman. (2017). Belajar Dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: kencana.

Sanjaya. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan, Kencana Predana Media Group, Bandung.

Sinar. (2018). Metode Active Learning.Yogyakarata: Deepublish

Sulaeman,Erwin. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Strategi Problem Based Learning pada Kelas VIII C SMP Muhammadiyah 29 Sawangan Depok. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 2 No. 1

Susanto Ahmad (2016) Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar Jakarta : Prena Media Group.

Widiasworo, E. (2016). Strategi Dan Metode Mengajar Siswa Diluar Kelas (Outdoor Leaning) Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif, Dan Komunikatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group.

Zain, Bahri syamsul, Djamarah. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Penerbit PT. Rineka Cipta

Downloads

Published

2024-06-03

How to Cite

Soegiarto, J. V., Kaparang, D. R., & Manggopa, H. K. (2024). Efektivitas Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Dasar-Dasar Program Keahlian Kelas X TJKT di SMKN 2 Bitung. Journal of Education Method and Technology : JEMTech, 54-59. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jemtec/article/view/9315

Issue

Section

Articles