Efektivitas Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Dasar Dasar Program Keahlian Kelas X TJKT di SMKN 2 Bitung
Keywords:
Efektivitas Pembelajaran Berbasis Proyek, Hasil Belajar, Keaktifan BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecukupan penggunaan model pembelajaran berbasis proyek dibandingkan dengan melibatkan strategi pembelajaran konvensional pada mata pelajaran DDPK Hasil dari penelitian yang diperoleh adalah peningkatan skor kelas normal dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 4 16 tepatnya dari 91 menjadi 95 Skor rata rata pada siklus II pada siswa kategori sangat tinggi meningkat sebesar 11 11 tepatnya dari 27 siswa menjadi 30 siswa Hasil belajar peserta didik mencapai tanda kemajuan pada KKM sebesar 100 Derajat gerak siswa dalam mengikuti pembelajaran meningkat misalnya latihan mendengar dari 86 menjadi 88 latihan lisan dari 45 menjadi 61 latihan mendalam dari 65 menjadi 84 latihan visual dari 35 menjadi 78 komposisi dari 65 menjadi 73 motorik dari 39 menjadi 69 dan mental dari 66 menjadi 68 Dari siklus Il hingga lII sebagian besar sudut naik ke tingkat berikutnya Hasil eksplorasi menunjukkan bahwa pelaksanaan Project Based Learning dapat membantu meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa kelas X TJKT IV SMK N 2 Bitung < p>
References
Baharudin dan Esa Nur Wahyuni 2015 Teori Belajar dan Pembelajaran Yogyakarta: Arruz Media
Daryanto dan Mulyo Rahardjo 2012 Model Pembelajaran Inovatif Yogyakarta: Gava Media
Fathurrohman M 2016 Model Pembelajaran Inovatif: Alternatif desain Pembelajaran yang Menyenangkan Yogyakarta: Ar Ruzz Media Group
Isriani Puspitasari D 2015 Strategi Pembelajaran Terpadu: Teori Konsep Implementasi Yogyakarta: Relasi Inti Media Group
Khairani E Maksum H Rizal F Adri M 2022 Efektivitas Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Project Based Learning selama Pandemi pada Matapelajaran TIK di Sekolah Menengah Pertama Negeri Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme 4 1 81 92
Khanifatul 2013 Pembelajaran Inovatif: Strategi Mengelola Kelas Secara Efektif dan Menyenangkan Jogjakarta: Ar ruzz Media
Koeswibowo S 2022 Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning PBL Dapat Meningkatkan Prestasi Tik Materi Menu Dan Ikon Pada Microsoft Word Pada Siswa Kelas VIII F Di SMP Negeri 1 Geneng Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2018 2019 Jurnal Profesi Dan Keahlian Guru JPKG 3 2 66 73
Mulyasa E 2014 Implementasi Kurikulum 2013 Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Rosdianwinata E Rifa i R Sutihat S Suryani N 2022 Efektifitas Pembelajaran PBL Problem Based Learning Berbantu QR Code Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran 8 1 58 65
Ruseffendi E T 2005 Dasar Dasar Penelitian Pendidikan Bidang NonEksakta Lainnya Bandung: Tarsito
Rusman 2017 Belajar Dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta: kencana
Sanjaya 2006 Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan Kencana Predana Media Group Bandung
Sinar 2018 Metode Active Learning Yogyakarata: Deepublish
Sulaeman Erwin 2016 Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Strategi Problem Based Learning pada Kelas VIII C SMP Muhammadiyah 29 Sawangan Depok Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2 No 1
Susanto Ahmad 2016 Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar Jakarta : Prena Media Group
Widiasworo E 2016 Strategi Dan Metode Mengajar Siswa Diluar Kelas Outdoor Leaning Secara Aktif Kreatif Inspiratif Dan Komunikatif Yogyakarta: Ar Ruzz Media Group
Zain Bahri syamsul Djamarah 2006 Strategi Belajar Mengajar Jakarta : Penerbit PT Rineka Cipta