Pengembangan Sistem Informasi Bimbingan Skripsi Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Authors

  • Vionensa J. L. Tetenaung Fakultas Teknik
  • Olivia Eunike Selvie Liando Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Indra Rianto Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

Keywords:

Sistem Informasi, Extreme Programming, Bimbingan Skripsi

Abstract

Sistem informasi bimbingan skripsi berbasis website ini dirancang untuk Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Univeristas Negeri Manado dengan tujuan dapat menunjang dan meringankan aktifitas bimbingan skripsi. Pada sistem informasi ini terdapat pengelolaan data informasi bimbingan berupa aktifitas bimbingan pengajuan dan persetujuan hasil penelitian skripsi. Terdapat empat user pada sistem informasi ini yaitu Admin, Dosen, Mahasiswa, dan Ketua Jurusan. Sistem Informasi Bimbingan Skripsi ini dirancang dengan menerapkan metode XP (Extreme Programming). Bahasa pemrograman yang dipakai adalah Bahasa pemrograman PHP dengan menggunakan framework codeigniter dan bahasa pemprograman MYSQL. dengan adanya sistem informasi bimbingan skrispi ini maka monitoring aktifitas bimbingan skrispi dapat dilakukan dengan lebih praktis, aman dan efektif.

References

Alfiansyah, F. (2021). Mengenal Komponen Sistem Informasi Manajemen.

Alhadi, B. I. (2022). Sistem Informasi Manajemen (Sim) Sebagai Sarana Pencapaian E-Government. Jurnal Site Semarang.

Ardiansah, T., Rahmanto, Y., & Amir, Z. (2023). Penerapan Extreme Programming Dalam Sistem Informasi Akademik SDN Kuala Teladas. Journal of Information Technology, Software Engineering and Computer Science, 1(2), 44-51.

Arianti, T., Fa'izi, A., Adam, S., & Wulandari, M. (2022). Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Diagram UML (Unified Modelling Language). Jurnal Ilmiah Komputer Terapan dan Informasi, 1(1), 19-25.

Fenardi, O., & Lee, F. S. (2023). Aplikasi Akademik Berbasis Website Menggunakan Metode Extreme Programming Pada SMAN1 Belinyu. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 5(4), 440-447.

Fu'adi, A., & Prianggono, A. (2022). Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Akademik Akademi Komunitas Negeri Pacitan Menggunakan Diagram UML dan EER. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 16(1), 45-54.

Melinda, V., & Zein, A. (2023). Perancangan Sistem Informasi Tour Dan Travel Berbasis Web Menggunakan Metode Personal Extreme Programming (PXP) Pada Today Trip. Jurnal Ilmu Komputer, 6(1)

Nazir, M., Putri, S. F., & Malik, D. (2022). Perancangan Aplikasi E-VOTING Menggunakan Diagram UML (Unified Modelling Language). J. Ilm. Komput. Terap. dan Inf, 1(1), 5-9.

Nistrina, K., & Sahidah, L. (2022). Unified Modelling Language (Uml) Untuk Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Di Smk Marga Insan Kamil. J-SIKA| Jurnal Sistem Informasi Karya Anak Bangsa, 4(1), 17-23.

Noer Azni Septiani, F. Y. (2022). Penggunaan Metode Extreme Programming Pada Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Publik. Jurnal Sistem Komputer dan Informatika, 341-349.

Oktafiantoro, D., Nurkamid, M., & Maharani, R. M. (2023). Implementasi Sistem Bimbingan Skripsi Berbasis Web Pada Prodi Teknik Informatika. Jurnal Dialektika Informatika (Detika), 3(2), 67-70.

Septiani, N. A., & Habibie, F. Y. (2022). Penggunaan Metode Extreme Programming Pada Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Publik. Jurnal Sistem Komputer dan Informatika (JSON), 3(3), 341-349.

Triatama, K., Puspaningrum, A. S., & Sintaro, S. (2023). Rancang Bangun Sistem Informasi Nilai Akhir Siswa Berbasis Web Menggunakan Extreme Programming. Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak, 4(2), 135-140.

Yudhistira, J. (2024). Perancangan Sistem Informasi Ujian Online Menggunakan Metode Extreme Programming. Journal of Artificial Intelligence and Technology Information, 2(2), 87-95.

Downloads

Published

2024-06-03

How to Cite

Tetenaung, V. J. L., Liando, O. E. S., & Rianto, I. (2024). Pengembangan Sistem Informasi Bimbingan Skripsi Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Journal of Education Method and Technology : JEMTech, 85-92. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jemtec/article/view/9451

Issue

Section

Articles