Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Tondano
Keywords:
Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar, InformatikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar informatika siswa kelas X SMK Negeri 3 Tondano Metode penelitian yang akan digunakan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Maka bentuk rancangan penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Grup Desain Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Random Sampling yaitu teknik pengambilan sampel dari anggota populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi Dengan kelas ekperimen berjumlah 15 siswa DKV dan kelas kontrol berjumlah 13 siswa TKJ Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis masalah secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada hasil belajar Informatika di SMK Negeri 3 Tondano Pengaruh Model pembelajaran berbasis masalah melalui uji statistik dengan menggunakan uji t ternyata bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel atau thitung = 5 251 sedangkan ttabel 1 771 Ternyata thitung lebih besar dari ttabel atau 5 251 gt; 1 771 maka menerima Ha dan menolak H0 dan artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol pada mata pelajaran Informatika siswa kelas X TKJ dan X DKV di SMK Negeri 3 Tondano < p>
References
Abdullah Sani Ridwan 2014 Pembelajaran Saintifik Untuk Kurikulum 2013 Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto 2010 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta PT Rineka Cipta
Darmadi 2017 Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Peserta didik Yogyakarta: Deepublish
Dimyati dan Mudjiono 2013 Belajar Dan Pembelajaran Jakarta: PT Rineka Cipta
Hamdayama J 2022 Metodologi pengajaran Bumi Aksara
Jihad Asep dan Abdul haris 2012 Evaluasi Pembelajaran Yogyakarta: Multi Presindo
Kurniasih Imas Berlin Sani 2015 Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru Surabaya: Kata Pena
Lidinillah D A M 2008 Strategi pembelajaran pemecahan masalah di sekolah dasar Jurnal Pendidikan Dasar 10 1 5 pp 1 10