Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Tondano
Keywords:
Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar, InformatikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar informatika siswa kelas X SMK Negeri 3 Tondano. Metode penelitian yang akan digunakan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian. Maka bentuk rancangan penelitian yang digunakan adalah (Nonequivalent Control Grup Desain). Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik “Random Sampling” yaitu teknik pengambilan sampel dari anggota populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Dengan kelas ekperimen berjumlah 15 siswa DKV dan kelas kontrol berjumlah 13 siswa TKJ. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis masalah secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada hasil belajar Informatika di SMK Negeri 3 Tondano. Pengaruh Model pembelajaran berbasis masalah melalui uji statistik dengan menggunakan uji-t ternyata bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel atau thitung = 5,251 sedangkan ttabel 1,771. Ternyata thitung lebih besar dari ttabel atau 5,251 > 1,771 maka menerima Ha dan menolak H0, dan artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol pada mata pelajaran Informatika siswa kelas X TKJ dan X DKV di SMK Negeri 3 Tondano.
References
Abdullah, Sani Ridwan. 2014. Pembelajaran Saintifik Untuk Kurikulum 2013.Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. PT Rineka Cipta.
Darmadi. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Peserta didik. Yogyakarta: Deepublish.
Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hamdayama, J., 2022. Metodologi pengajaran. Bumi Aksara.
Jihad Asep dan Abdul haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo
Kurniasih, Imas & Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Surabaya: Kata Pena.
Lidinillah, D.A.M., 2008. Strategi pembelajaran pemecahan masalah di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1-5), pp.1-10.