Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Tumpaan
Keywords:
Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar Siswa, Model Penelitian Tindakan Kelas (PTK)Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah yang memiliki 5 langka pengimplementasian yaitu, orientasi siswa pada masalah, organisir siswa untuk belajar, membimbing individual & kelompok, mengembangkan & menyajikan hasil karya, menganalisis & mengevaluasi pembelajaran. Penelitian ini dilakasanakan di SMP Negeri 4 Tumpaan, Kabupaten Minahasa Selatan, Sulawesi Utara, Tahun Ajaran 2024-2025. Model penelitian yang di gunakan adalah Model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari siklus-siklus, namun peneliti hanya menggunakan dua siklus, dalam siklus mempunyai 4 tahapan yaitu, Perencanaan, Tindakan, Pengamatan/observasi dan Refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII dengan jumlah siswa 22. Teknik pengumpulan data, berupa tugas, tes tertulis pilihan ganda, pertanyaan. Analis data, menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Dari 22 siswa, pencapayan KKM, pada siklus I rata-rata hasil belajar sebesar 64%, sedangkan siklus II mengalami peningkatan yang signifikan dengan rata-rata hasil belajar 95%. Jelas menunjukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, dengan demikian siklus II sudah memenuhi indikator pencapaian hasil belajar siswa.
References
Arifmuttaqin, Skripsi. Peningkatan Penguasaan Belajar Belajar Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi http:/www.academia.edu diakses 05-05/2017-04:50-WITA.
Budiningsi Asri (2012) Belajar dan Pembelajaran Penerbit PT Rineka Cipta, Jakarta.
Darsono, Max & Dkk. (2000). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Semarang: IKIP Pres.
Hamlalik, O. (2007). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hosna. M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Jihad, Asep & Haris, Abdul. (2012). Evaluasi pembelajarn. Yogyakarta: Multi Presindo.
Khodija Nyayu (2016) psikologi Pendidikan penerbit PT Rajagrafindo Persada Jakarta.
Kunandar. (2011) Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pnegembangan Profesi Guru. PT Rajagrafindo Persada.
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Pengembangan Profesionalisme guru. Jakarta: PT Raja Grafindo persada.
Sudjana, N. (2010). Penilayan Hasil & Proses Belajar Mengajar. Bnadung: Rosda Karya.
Syofrianisda M. Suardi (2018) Belajar dan Pembelajaran penertbit Parama Ilmu Yogyakarta.
Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : PT.Bumi Aksara.
Wina. S. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Median Group.