Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Tumpaan
Keywords:
Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar Siswa, Model Penelitian Tindakan Kelas (PTK)Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah yang memiliki 5 langka pengimplementasian yaitu orientasi siswa pada masalah organisir siswa untuk belajar membimbing individual amp; kelompok mengembangkan amp; menyajikan hasil karya menganalisis amp; mengevaluasi pembelajaran Penelitian ini dilakasanakan di SMP Negeri 4 Tumpaan Kabupaten Minahasa Selatan Sulawesi Utara Tahun Ajaran 2024 2025 Model penelitian yang di gunakan adalah Model Penelitian Tindakan Kelas PTK yang terdiri dari siklus siklus namun peneliti hanya menggunakan dua siklus dalam siklus mempunyai 4 tahapan yaitu Perencanaan Tindakan Pengamatan observasi dan Refleksi Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII dengan jumlah siswa 22 Teknik pengumpulan data berupa tugas tes tertulis pilihan ganda pertanyaan Analis data menggunakan analisis kualitatif deskriptif Hasil penelitian ini menunjukan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi TIK Dari 22 siswa pencapayan KKM pada siklus I rata rata hasil belajar sebesar 64 sedangkan siklus II mengalami peningkatan yang signifikan dengan rata rata hasil belajar 95 Jelas menunjukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan demikian siklus II sudah memenuhi indikator pencapaian hasil belajar siswa < p>
References
Arifmuttaqin Skripsi Peningkatan Penguasaan Belajar Belajar Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi http: www academia edu diakses 05 05 2017 04:50 WITA
Budiningsi Asri 2012 Belajar dan Pembelajaran Penerbit PT Rineka Cipta Jakarta
Darsono Max Dkk 2000 Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan Semarang: IKIP Pres
Hamlalik O 2007 Proses Belajar Mengajar Jakarta: Bumi Aksara
Hosna M 2014 Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 Jakarta: Ghalia Indonesia
Jihad Asep Haris Abdul 2012 Evaluasi pembelajarn Yogyakarta: Multi Presindo
Khodija Nyayu 2016 psikologi Pendidikan penerbit PT Rajagrafindo Persada Jakarta
Kunandar 2011 Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pnegembangan Profesi Guru PT Rajagrafindo Persada
Rusman 2011 Model Model Pembelajaran Pengembangan Profesionalisme guru Jakarta: PT Raja Grafindo persada
Sudjana N 2010 Penilayan Hasil Proses Belajar Mengajar Bnadung: Rosda Karya
Syofrianisda M Suardi 2018 Belajar dan Pembelajaran penertbit Parama Ilmu Yogyakarta
Trianto 2012 Model Pembelajaran Terpadu Jakarta : PT Bumi Aksara
Wina S 2008 Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta: Kencana Prenada Median Group