Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa Kelas X TJKT SMK Negeri 1 Bitung
Keywords:
Hasil Belajar, Komputer dan Jaringan Dasar, Pembelajaran Berbasis MasalahAbstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Sistem Komputer Siswa Kelas X TJKT SMK Negeri 1 Bitung. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen Semu menggunakan Non-equivalent Control Group Design. Populasi yang diambil adalah seluruh siswa kelas X TJKT SMK Negeri 1 Bitung, Sampel yang diambil yaitu Kelas X TJKT I yang menggunakan model pembelajaran Berbasis Masalah dan X TJKT II yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan jumlah 20 siswa di masing-masing kelas, instrument penelitian dikumpulkan berdasarkan tes awal sebelum treatment dan tes akhir sesudah diterapkan treatment. Hasil penelitian diperoleh adalah terdapat Pengaruh Positif Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa Kelas X TJKT SMK Negeri 1 Bitung.
References
Ab Marisyah1, Firman2, R. (2019). Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Tentang Pendidikan. 3, 2–3.
Afriana, J. 2015. Project Based Learning. Makalah pada Unversitas Pendidikan Indonesia.
Akdon, Riduwan. (2012). Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta.
Amir F. N., Magfira I., Malmia W., Taufik. 2020. “Penggunaan Model Problem Based Learning (Pbl) Pada Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar”. (UJSS) Vol. 1, No 2, Agustus 2020: 22—34.
Arikunto, S. (2006 :130). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta: Rineka Cipta.
Arifin, Z. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakara.
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakara.
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Pedoman Pembelajaran Tuntas (Mastery learning). Jakarta: Depdiknas.
Djamarah Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta Dindin Abdul Muiz Lidinillah, (2015) Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning).
EduTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Unima, (2021) Dengan Judul “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Simulasi Dan Komunikasi Digital Siswa SMK”
EduTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Unima, (2022) Dengan Judul “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Komputer Dan Jaringan Dasar Siswa SMK”
Emzir. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif . Jakarta: Rajawali Pers.