Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Animasi Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Sonder

Authors

  • Melissa Gladys Doringin Fakultas Teknik
  • Verry Ronny Palilingan Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Olivia Eunike Selvie Liando Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran PjBL, Penelitian Tindakan Kelas, Teknik Animasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Multimedia pada mata melajaran teknik animasi di SMK Negeri 1 Sonder. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur kerja meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklus diadakan refleksi agar hasil belajar siswa dapat terlihat. penilaian proses didapatkan dari hasil tes siswa dalam belajar. kesimpulan hasil penelitian tindakan kelas ini diketahui bahwa Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Teknik Animasi Di SMK Negeri 1 Sonder telah terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Abdussamad, (2005). Faktor-Faktor Penghambat Intensitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Smunegeri Gorontalo 9(Dalam Jurnal Penelitian Vol 2 Nomor 2 02 Juli 2005).Gorontalo: Lembaga Penilitian UNG

Afsanjani, Izhar. (2017). Penerepan Model Pembelajaran Berbasis (Project Bassed Learning) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Kelas XI IPS3 SMA Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo.Skripsi, Universitas Negeri Gorontalo.

Alex, Sobur.( 2009). Psikolog Umum. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Alfiani, E. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ipa Siswa Kelas V Mi Ma’Arif Ngrupit Ponorogo. 1–105. http://etheses.iainponorogo.ac.id/20667/

Ali, Muhammad. (1992). Penelitian Pendidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa.

Blumenfield, P. C. et al (2007). Motivating Project Based Learning : Sustaining The Doing, Supporting The Learning. Vol. 26

Bria, R, D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Di Smk St. Wilibrodus Betun. Kupang: Universitas Nusa Cendana.

Bustaman, Burmansyah (2001). Web design dengan macromedia flash mx 2004. Yogyakarta: Andi Offset.

Damiyanti dan Mudjiono.(2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Denny Asprilla (2017). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKR 2 Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Di SMKN 2 Pengasih.Skripsi, Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik.Univesitas Negeri Yogyakarta.

Doppelt, Y. (2005). A Methology for Infusing Creative Thingking into Project- Based Learning and its Assessmen Process.University of Pittsburg. Eko,Mulyadi. (2015). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kinerja dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK.Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Yogyakarta, UNY.

Fathurrohman, M. (2015). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Febiartaty, R. A., Parubak, A. S., & Yogaswara, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Xi Ipa 1 Sma Kristen Yabt Pada Materi Sistem Koloid. Arfak Chem: Chemistry Education Journal, 2(1), 85–91. https://doi.org/10.30862/accej.v2i1.75

Femi,Olivia. (2011). Visual Mapping Memaksimalkan Otak Kiri dan Kanan Dengan Pemetaan Visual, Jakarta: PT Alex Media Komputindo.

H, Daryanto. (2008). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Kemendikbud. (2013). Peraturan pemerintah Nomor 32 Tahun 2013, Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Lingga Jati Nugroho. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Pada Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Bubut Untuk Meningkat Hasil Belajar Siswa di SMK Muhammadiyah Prambanan.Skripsi. Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Made, Wena.(2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer.Jakarta: PT Bumi Aksara.

Made, Wena.(2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer; Suatu Tinjuan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Nana Syaodih Sukmadinata.(2005). Model Penelitian Pendidikan.Bandung: Remaja Rosda Karya.

Oemar, Hamalik. (1993). Strategi Belajar Mengajar, Bandung:Sumur Bandung.

Oemar,Hamalik. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Araksa.

Reni Akbar, Hawadi. (2011). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Grasindo

Sainudin, Hutasuhut. (2010). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek IMP (Project-Based Learning) Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mata Kuliah Pengantar Ekonomi Pembangunan Pada Jurusan Manajemen FE UNIMED.Medan: Staf Pengajar Universitas Negeri Medan (UNIMED).

Sardiman, A.M. (2001). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Satoto Endar Nayono dan Nuryandi, (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Project Based Learning pada Mata Kuliah Computer Aided Design.Jurnal Pendidikan Kejuruan.Vol.26 Yogyakarta,UNY.

Slameto (2010). Belajar dan Factor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugihartono, dkk. (2008). Pesikologi Pendidikan, Yogyakarta: UNY

Sumandi,Suryabrata. (2011). Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Syah,Muhibbin (2012). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada Undang-undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003 Tentang jenjang pendidikan dan jenis kejuruan.Jakarta: Sinar Grafika.

Wina,Sanjaya. (2010). Strategi Pembelajaran Berorintasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta : Prenada Media Group.

Yamin, Martinis.(2013). Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Referensi.

Riberu, Tito (2004). Refrensi dan Tuntunan Perancangan Program Action Script Macromedia Flash MX. Jakarta: Dinastindo.

Suciadi, Andi Andreas (2003) Menguasai Pembuatan Animasi dengan Macromedia Flash MX. Jakarta: Dinastindo.

Vonni Safitri Angeliasari (2023). Penerapan Model Pembelajaran Pjbl Materi Ipauntuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Kelas 4 Sdn Kranggan 4 Kota Mojokerto. Malang: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar ISSN Cetak: 2477-2143 ISSN Online: 2548-6950 Volume 08 Nomor 02.

Yupira, Vina (2019) Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (pjbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Psikomotor Siswa Pada Pembelajaran Biologi Kelas Viii Smp Negeri 18 Pekanbaru Tahun Ajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Islam Riau.

Zembry (2001). Animasi web dengan macromedia Flash 8. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Downloads

Published

2025-02-26

How to Cite

Doringin, M. G., Palilingan, V. R., & Liando, O. E. S. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Animasi Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Sonder. Journal of Education Method and Technology : JEMTech, 25-30. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jemtec/article/view/9889

Issue

Section

Articles