Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Dan Self Efficacy Terhadap Keinginan Technopreneur Dengan Konsep Ekonomi Kreatif Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung Tahun Akademik 2020 2021
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i1.3302Keywords:
Entrepreneurial learning, Self efficacy, Technopreneur desireAbstract
Abstrak< strong>< p>
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh pembelajaran kewirausahaan dan self efficacy terhadap Keinginan technopreneur dengan konsep ekonomi kreatif pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung Tahun Akademik 2020 2021 Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif Populasi terdiri dari program studi pendidikan ekonomi semester VI A sejumlah 31 dan VI B sejumlah 24 sampel pada penelitian ini sebanyak 55 mahasiswa dari populasi dengan mengambil keseluruhan dari populasi Instrumen dalam penelitian ini adalah menggunakan metode angket menggunakan skala likert Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda uji keberhasilan regresi linier berganda uji F dan uji signifikansi parsial uji t Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai thitung< sub> gt; ttabel< sub> yaitu 2 704 gt; 2 007 dan nilai signifikansi 0 009 lt; 0 05 yang berarti signifikan menunjukkan bahwa pengaruh yang signifikan pembelajaran kewirausahaan terhadap keinginan technoprenur nilai thitung< sub> gt; ttabel< sub> yaitu 3 680 gt; 2 007 dan nilai signifikansi 0 001 lt; 0 05 yang berarti signifikan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan self efficacy terhadap keinginan technopreneur Hasil uji F menunjukkan Fhitung< sub> gt; Ftabel< sub> yaitu 46 568 gt; 3 17 dan nilai signifikansi 0 000 lt; 0 05 berarti terdapat pengaruh secara simultan dan signifikan pembelajaran kewirausahaan dan self efficacy terhadap keinginan technopreneur Hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier berganda sebagai berikut hasil uji regresi linier berganda dapat dilihat dari tabel coefficients diperoleh persamaan ????= ????1X1 ????2????2 yaitu Y = 15 179 0 332X1 0 489X2 Koefisien determinasi pada angka R Square pada table summary terlihat sebesar 0 642 hal ini menunjukkan bahwa 64 2 perubahan variable Y dipengaruhi oleh perubahan pembelajaran kewirausahaan dan self efficacy dengan sisanya 35 8 dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini < p>
Kata nbsp;kunci: < strong>pembelajaran kewirausahaan self efficacy keinginan technopreneur< strong>< p>
nbsp;< strong>< p>
nbsp;< strong>< p>
Abstract< strong> < p>
nbsp;This study aims to measure the effect of entrepreneurship learning and self efficacy on the desire of technopreneurs with the concept of a creative economy in students of the Economic Education Study Program Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung Academic Year 2020 2021 This research method uses quantitative research The population consists of 32 semesters VI A economic education study programs and 24 VI B studies the sample in this study was 55 students from the population by taking the entire population The instrument in this study was a questionnaire method using a Likert scale The data analysis technique used is multiple regression analysis multiple linear regression success test F test and partial significance test t test The results of the t test indicate that the value of tcount gt; ttable is 2 704 gt; 2 007 and a significance value of 0 009 lt; 0 05 which means significantly indicating that the significant effect of entrepreneurial learning on technoprenur s desire the value of tcount gt; ttable is 3 680 gt; 2 007 and a significance value of 0 001 lt; 0 05 which is significant indicates that there is a significant effect of self efficacy on the desire of technopreneurs The results of the F test show that Fcount gt; Ftable is 46 568 gt; 3 17 and a significance value of 0 000 lt; 0 05 means that there is a simultaneous and significant influence on entrepreneurial learning and self efficacy on technopreneur desires The results of data analysis obtained multiple linear regression equations as follows: the results of multiple linear regression can be seen from the coefficients table the equation = ????1????1 b2????2 is Y = 15 179 0 332X1 0 489X2 The coefficient of determination on the R Square number in the summary table is 0 642 this shows that 64 2 of changes in Y variable are influenced by changes in entrepreneurial learning and self efficacy with the remaining 35 8 influenced by other factors outside of this study < p>
Keywords: < strong>entrepreneurial learning self efficacy technopreneur desire< strong> < p>
References
Aenur D O Kurniawan D T 2020 Pengaruh Kepribadian Terhadap Intensi Berwirausaha Dalam Bidang Digital Techno Entrepreneur Pada Mahasiswa Yang Telah Menempuh Mata Kuliah Kewirausahaan Di UNIVERSITAS NEGERI MALANG In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Manajemen 2020 Universitas Negeri Malang
Ambardi A Chaidir H 2020 Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Minat Technopreneur Mahasiswa Di Era Teknologi Digital Studi Kasus: Mahasiswa ITB Ahmad Dahlan Liquidity 9 1 http: ojs itb ad ac id index php LQ article view 377
Fathonah W N Machmud A Suwatno 2020 Pengaruh ICT Self Efficacy terhadap Technopreneurship Intention dimediasi Motivasi Siswa The Influence of ICT Self Efficacy on Technopreneurship Intention Mediated by Student Motivation Jurnal Ilmu Sosial 17 1 71 80
Firmanto G 2014 Pengaruh efikasi diri pengetahuan tentang kewirausahaan dan prestasi belajar terhadap minat bertechnopreneur Pengetahuan Kewirausahan 169 https: eprints uny ac id 28690 1 Galih Firmanto 09518244015 pdf
Ghozali I 2016 Aplikasi Analisis Multivariate Universitas Diponegoro
Herdiana 2018 Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Self Efficacy Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Berwirausaha Journal of Chemical Information and Modeling 53 9 1689 1699
Hoque A S M M Awang Z Siddiqui B A 2017 Technopreneurial Intention Among University Students of Business Courses In Malaysia: A Structural Equation Modeling International Journal of Entrepreneurship and Small Medium Enterprise IJSME 4 July 1 16
Sari N E Habsari N T 2016 Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Ber Entrepreneur EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya 4 2 135 https: doi org 10 25273 equilibrium v4i2 654
Sugiyono 2015 Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R D Alfabeta
Tanjung H 2019 Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Dan Motivasi Kewirausahaan Terhadap Minat Menjadi Pengusaha Muda Young Enterpreneur Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS USU https: library usu ac id
Trihudiyatmanto M 2017 Pengaruh Efikasi Diri Self Efficacy Dan Intensi Berwirausaha Terhadap Spirit Technopreneurship Studi Kasus Di Sentra Pengrajin Teralis Di Desa Jlamprang Kecamatan Wonosobo Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ 4 2 154 166 https: doi org 10 32699 ppkm v4i2 418
Wardani I A Amir M Suwatno 2020 Studi Tentang Pengaruh Techopreneurial Learning Terhadap Technopreneurship Intention Siswa SMKN Se Kota Palembang Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi 8 2 96 https: doi org 10 33603 ejpe v8i2 3503
Wati F F Sukmawati L Alamsyah D P 2019 Pengaruh Lingkungan Kampus dan Pembelajaran Kewirausahaan terhadap Keinginan Berwirausaha Technopreneur pada Mahasiswa Journal of Technopreneurship and Information System JTIS 2 2 42 47 https: doi org 10 36085 jtis v2i2 147

ÂÂÂÂÂ