Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Dan Self Efficacy Terhadap Keinginan Technopreneur Dengan Konsep Ekonomi Kreatif Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung Tahun Akademik 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i1.3302Keywords:
Entrepreneurial learning, Self efficacy, Technopreneur desireAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh pembelajaran kewirausahaan dan self efficacy terhadap Keinginan technopreneur dengan konsep ekonomi kreatif pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung Tahun Akademik 2020/2021. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi terdiri dari program studi pendidikan ekonomi semester VI A sejumlah 31 dan VI B sejumlah 24, sampel pada penelitian ini sebanyak 55 mahasiswa dari populasi dengan mengambil keseluruhan dari populasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah menggunakan metode angket menggunakan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji keberhasilan regresi linier berganda (uji F) dan uji signifikansi parsial (uji t). Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 2.704 > 2,007 dan nilai signifikansi 0,009 < 0,05 yang berarti signifikan menunjukkan bahwa pengaruh yang signifikan pembelajaran kewirausahaan terhadap keinginan technoprenur, nilai thitung > ttabel yaitu 3.680 > 2,007 dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 yang berarti signifikan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan self efficacy terhadap keinginan technopreneur. Hasil uji F menunjukkan Fhitung > Ftabel yaitu 46.568 > 3.17 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 berarti terdapat pengaruh secara simultan dan signifikan pembelajaran kewirausahaan dan self efficacy terhadap keinginan technopreneur. Hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier berganda sebagai berikut hasil uji regresi linier berganda dapat dilihat dari tabel coefficients, diperoleh persamaan ????= α +????1X1 + ????2????2 yaitu Y = 15,179 + 0,332X1 + 0,489X2. Koefisien determinasi pada angka R Square pada table summary terlihat sebesar 0.642, hal ini menunjukkan bahwa 64,2% perubahan variable Y dipengaruhi oleh perubahan pembelajaran kewirausahaan dan self efficacy dengan sisanya 35,8% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.
Kata kunci: pembelajaran kewirausahaan, self efficacy, keinginan technopreneur
Abstract.
This study aims to measure the effect of entrepreneurship learning and self-efficacy on the desire of technopreneurs with the concept of a creative economy in students of the Economic Education Study Program, Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung Academic Year 2020/2021. This research method uses quantitative research. The population consists of 32 semesters VI A economic education study programs and 24 VI B studies, the sample in this study was 55 students from the population by taking the entire population. The instrument in this study was a questionnaire method using a Likert scale. The data analysis technique used is multiple regression analysis, multiple linear regression success test (F test) and partial significance test (t test). The results of the t-test indicate that the value of tcount > ttable is 2.704 > 2.007 and a significance value of 0.009 < 0.05, which means significantly indicating that the significant effect of entrepreneurial learning on technoprenur's desire, the value of tcount > ttable is 3.680 > 2.007 and a significance value of 0.001 < 0, 05, which is significant, indicates that there is a significant effect of self-efficacy on the desire of technopreneurs. The results of the F test show that Fcount > Ftable is 46.568 > 3.17 and a significance value of 0.000 < 0.05 means that there is a simultaneous and significant influence on entrepreneurial learning and self-efficacy on technopreneur desires. The results of data analysis obtained multiple linear regression equations as follows: the results of multiple linear regression can be seen from the coefficients table, the equation = α + ????1????1 + b2????2, is Y = 15.179 + 0.332X1 + 0.489X2. The coefficient of determination on the R Square number in the summary table is 0.642, this shows that 64.2% of changes in Y variable are influenced by changes in entrepreneurial learning and self-efficacy with the remaining 35.8% influenced by other factors outside of this study.
Keywords: entrepreneurial learning, self efficacy, technopreneur desire.
References
Aenur, D. O., & Kurniawan, D. T. (2020). Pengaruh Kepribadian Terhadap Intensi Berwirausaha Dalam Bidang Digital (Techno-Entrepreneur) Pada Mahasiswa Yang Telah Menempuh Mata Kuliah Kewirausahaan Di UNIVERSITAS NEGERI MALANG. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Manajemen 2020 Universitas Negeri Malang.
Ambardi, A., & Chaidir, H. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Technopreneur Mahasiswa Di Era Teknologi Digital (Studi Kasus: Mahasiswa ITB Ahmad Dahlan). Liquidity, 9(1). http://ojs.itb-ad.ac.id/index.php/LQ/article/view/377
Fathonah, W. N., Machmud, A., & Suwatno. (2020). Pengaruh ICT Self Efficacy terhadap Technopreneurship Intention dimediasi Motivasi Siswa The Influence of ICT Self Efficacy on Technopreneurship Intention Mediated by Student Motivation. Jurnal Ilmu Sosial, 17(1), 71–80.
Firmanto, G. (2014). Pengaruh efikasi diri, pengetahuan tentang kewirausahaan dan prestasi belajar terhadap minat bertechnopreneur. Pengetahuan Kewirausahan, 169. https://eprints.uny.ac.id/28690/1/Galih Firmanto-09518244015.pdf
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate. Universitas Diponegoro.
Herdiana. (2018). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Self Efficacy Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Berwirausaha. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Hoque, A. S. M. M., Awang, Z., & Siddiqui, B. A. (2017). Technopreneurial Intention Among University Students of Business Courses In Malaysia: A Structural Equation Modeling. International Journal of Entrepreneurship and Small & Medium Enterprise (IJSME), 4(July), 1–16.
Sari, N. E., & Habsari, N. T. (2016). Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Ber-Entrepreneur. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 4(2), 135. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v4i2.654
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Tanjung, H. (2019). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Dan Motivasi Kewirausahaan Terhadap Minat Menjadi Pengusaha Muda (Young Enterpreneur) Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS USU. https://library.usu.ac.id
Trihudiyatmanto, M. (2017). Pengaruh Efikasi Diri (Self Efficacy) Dan Intensi Berwirausaha Terhadap Spirit Technopreneurship (Studi Kasus Di Sentra Pengrajin Teralis Di Desa Jlamprang Kecamatan Wonosobo). Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 4(2), 154–166. https://doi.org/10.32699/ppkm.v4i2.418
Wardani, I. A., Amir, M., & Suwatno. (2020). Studi Tentang Pengaruh Techopreneurial Learning Terhadap Technopreneurship Intention Siswa SMKN Se-Kota Palembang. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 8(2), 96. https://doi.org/10.33603/ejpe.v8i2.3503
Wati, F. F., Sukmawati, L., & Alamsyah, D. P. (2019). Pengaruh Lingkungan Kampus dan Pembelajaran Kewirausahaan terhadap Keinginan Berwirausaha (Technopreneur) pada Mahasiswa. Journal of Technopreneurship and Information System (JTIS), 2(2), 42–47. https://doi.org/10.36085/jtis.v2i2.147
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Linda Ayu Triani, Sulastri Rini Rindrayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.