PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL DAN PENDAPATAN ORANG TUA TERHADAP MINAT ANAK UNTUK MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI DI DESA WERDHI AGUNG INDUK

Authors

  • Yance Tawas Pascasarjana Universitas Negeri Manado
  • Rommy J. Mottoh Universitas Negeri Manado
  • Ni Wayan Sri Wahyuni Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i2.5176

Keywords:

Children's Interests, Social Environment , Parents' Income

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh lingkungan sosial dan pendapatan orang tua secara bersama-sama terhadap minat anak untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Jenis penelitian ini yaitu penelitian survey dimana kuesioner menjadi teknik dalam pengumpulan data. Populasi penelitian ini adalah seluruh masyarakat di desa Werdhi Agung Induk, tetapi yang menjadi sasaran adalah anak-anak mulai usia 17-20 tahun (usia untuk anak-anak yang baru menyelesikan studi SMA/Sederajat, baik yang baru lulus sekolah maupun anak-anak yang sudah menyelesaikan studinya dan belum mendapat pekerjaan serta anak-anak yang sudah mendapat pekerjaan) yang berdomisili di dusun 5 dan dusun 6, dengan pengambilan sampel penelitian menurut Arikunto (2012) sehingga jumlah sampel pada penelitian ini adalah 50 orang anak. Data di analisis menggunakan analisis regresi berganda, serta uji hipotesis dan hasilnya adalah thitung = 4,946 > ttabel 1,676 dan thitung = 5,426 > ttabel 1,676. dengan demikian H0 ditolak pada taraf signifikan 0,05 dan menerima H1 sehingga kesimpulannya adalah lingkungan sosial dan pendapatan orang tua berpengaruh terhadap minat anak untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi.

Kata Kunci: Minat Anak, Lingkungan Sosial dan Pendapatan Orang Tua

  

ABSTRACT

This study aims to determine the influence of the social environment and parents' income together on children's interest in continuing their studies to college. This type of research is survey research where questionnaires become a technique in data collection. The population of this study is the entire community in the village of Werdhi Agung Induk, but the targets are children from the age of 17-20 years (the age for children who have just completed high school/equivalent studies, both those who have just graduated from school and children who have just graduated from high school). have completed their studies and have not got a job and children who have got work) who are domiciled in hamlet 5 and hamlet 6, with research sampling according to Arikunto (2012) so that the number of samples in this study was 50 children. The data were analyzed using multiple regression analysis, as well as hypothesis testing and the results were tcount = 4.946 > ttable 1.676 and tcount = 5.426 > ttable 1.676. Thus H0 is rejected at a significant level of 0.05 and accepts H1 so that the conclusion is that the social environment and parents' income affect the child's interest in continuing their studies to college.

Keywords: Children's Interests, Social Environment and Parents' Income

References

Arikantum. (2002). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikuto, S. (2012). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. (2009). Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inofatif. Jakarta: AV Publisher.

Diana, A. dan Setiawati, L. (2017). Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis Standar Akuntansi Keuangan Terbaru. Yogyakarta: Andi.

Djaali. (2008). Pskologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Fitriani. (2014). Pengaruh Motivasi Prestasi Belajar Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Melanjutkan ke Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negri 1 Kendal.

Hadi, S. A. (2008). Pendidikan (Suatu Pengantar). Suakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) UNS dan UPT Penerbit dan Pencetakan UNS (UNS Press).

Hamalik, O. (2004). Proses Blajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Ihsan, F. (2005). Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Kandori Iwan, 2022, PENGARUH PENDAPATAN ORANG TUA DAN BIAYA PENDIDIKAN TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN STUDI KASUS PADA SISWA SMK N 1 TENGA KECAMATAN TENGA KABUPATEN MINAHASA SELATAN, https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jpe-unima/article/view/3935

Karsidin. (2008). Potensi-potensi Manusia. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Munih, A. (2004). Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UPT UNNES Press.

Nasiroatun. (2003). Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi dan Pendidikan Orang Tua Terhadap Motivasi Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa SMK Kartika Aqasa Bhakti Semarang. Skripsi UNNES.

Sadirman. (2011). Interaksi dan Motifasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Setiawan. (2012). Pengaruh Pendapatan Orang Tua dan Prestasi Belajar Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran Terhadap MinatMelanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Siswa SMK N 7 Yogyakata Tahun 2012/2013. Yogyakarta: Universitas Yogyakarta.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudremi, Y. (2007). Pengetahuan Sosiial Ekonomi Kelas X. Jakarta: Bumi aksara.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D.

Supardi, I. (2003). Lingkungan Hidup dan Pelestariannya. Bandung: Alumni.

Suryani. (2005). Pengaruh Kondisi Sosial dan Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Melanjutkan ke Perguruan Tinggi . Kebumen.

Syah, M. (2004). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru . Bandung: Rosdakarya Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Additional Files

Published

2022-12-28

How to Cite

Tawas, Y. ., Mottoh, R. J., & Sri Wahyuni, N. W. . (2022). PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL DAN PENDAPATAN ORANG TUA TERHADAP MINAT ANAK UNTUK MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI DI DESA WERDHI AGUNG INDUK. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 239-245. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i2.5176

Issue

Section

Articles