Meningkatkan Kemampuan Sains Melalui Eksperimen Kecambah Pada Anak Di TK Tunas Harapan Kecamatan Rainis Kabupaten Kepulauan Talaud
Keywords:
Kemampuan sains, Eksperimen kecambahAbstract
Dalam meningkatkan pengenalan sains melalui eksperimen kecambah pada anak, maka anak akan mengenal dan memahami proses sains yang terjadi di dalam percobaan eksperimen. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan sains pada anak dapat di lakukan melalui metode eksperimen yaitu dengan kegiatan mengajarkan anak untuk menanam tanaman kecambah dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sains melalui eksperimen kecambah pada anak di TK Tunas Harapan Kecamatan Rainis Kabupaten Kepulauan Talaud sejumlah 10 anak Jenis penelitian ini memakai model Kemmis dan Mc.Taggart. penelitian tindakan kelas dilakukan melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa dalam meningkatkan kemampuan sains melalui eksperimen kecambah pada anak dengan menggunakan media yang telah di sediakan dapat memotivasi dan meningkatkan hasil belajar anak di TK Tunas Harapan Kecamatan Rainis Kabupaten Kepulauan Talaud. Hal ini dapat di lihat pada hasil penelitian. Pada siklus I dengan hasil dapat dilihat presentasi pencapaiannya adalah 57,5% dengan anak berjumlah 10, sedangkan pada siklus II dengan hasil 92,5% dengan anak berjumlah 10, sehingga penelitian ini di hentikan pada siklus ke II karena sudah memenuhi kriteria indikator keberhasilan.