Pengaruh Meaningful Youth Participation Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Gen Z di DKI Jakarta

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/mk.v5i2.10473

Keywords:

Gen Z, Meaningful Youth Participation, Motivasi Kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh meaningful youth participation< em> terhadap motivasi kerja karyawan Gen Z di DKI Jakarta sehingga berfokus pada Gen Z dan sudah sejauh apa mereka dilibatkan dalam dunia kerja Peneliti mengambil 3 tiga dimensi dalam Meaningful Youth Participation yaitu kontribusi Gen Z partisipasi bermakna serta pengakuan orang lain terhadap motivasi kerja untuk diteliti Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menyebar kuesioner untuk keperluan pengambilan data Sampel yang didapat berjumlah 384 dan merupakan Gen Z yang pernah atau sedang bekerja di DKI Jakarta dipilih dengan teknik non probability sampling yaitu purposive sampling Analisa dilakukan dengan model regresi linear berganda sebagai metode penelitian dengan tingkat error sebesar 0 05 Olah data penelitian menggunakan aplikasi SPSS versi 27 Hasil penelitian adalah 2 dua dari 3 tiga variabel independen yaitu kontribusi Gen Z serta partisipasi bermakna berpengaruh terhadap motivasi kerja sedangkan pengakuan dari orang lain tidak berpengaruh terhadap motivasi kerja Penelitian ini menunjukkan pentingnya memberikan ruang bagi Gen Z untuk dilibatkan secara maksimal di lingkungan kerja Sebaliknya pengakuan dari orang lain yang tidak signifikan terhadap motivasi kerja Gen Z mengindikasikan perlunya penghargaan dengan pendekatan lain yang relevan untuk kebutuhan generasi ini < p>

< p>

This study aims to determine the effect of Meaningful Youth Participation on the work motivation of Gen Z employees in DKI Jakarta so that it focuses on Gen Z and how far they have been involved in the world of work Researchers took 3 three dimensions of Meaningful Youth Participation namely the contribution of Gen Z meaningful participation and recognition of other people s work motivation to be studied This research is quantitative by distributing questionnaires for data collection purposes The sample obtained was 384 and were Gen Z who had worked or are currently working in DKI Jakarta and were selected using a non probability sampling technique namely purposive sampling The analysis was carried out using multiple linear regression models as a research method with an error rate of 0 05 The research data were processed using the SPSS application version 27 The results of the study were 2 two of 3 three independent variables namely the contribution of Gen Z as well as significant participation that had an effect on work motivation while recognition from other people had no effect on work motivation This study highlights the importance of providing opportunities for Gen Z to be maximally involved in the workplace On the other hand the insignificance of recognition from others in influencing Gen Z s work motivation suggests the need for alternative approaches to appreciation that align with the specific needs of this generation < em>< p>

References

Apa itu Meaningful Youth Participation MYP ? 2022 Februari 25 Retrieved from SDGs Youth Hub: https: sdgsyouthhub id

Badan Pusat Statistik 2021 Januari 21 Infografis Retrieved from Badan Pusat Statistik: https: www bps go id

Badan Pusat Statistik 2021 Profil Pekerja Provinsi DKI Jakarta Jakarta: Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta

Badan Pusat Statistik 2022 Agustus 12 Penduduk Provinsi DKI Jakarta Berumur 15 Tahun ke Atas Menurut Kelompok Umur dan Angkatan Kerja 2019 2021 Retrieved from Provinsi DKI Jakarta: https: jakarta bps go id

Bharoto 2022 Februari 23 Kompas Retrieved from Partisipasi Bermakna: https: www kompas id

CHOICE for Youth Sexuality and dance4life n d Meaningful Youth Participation Retrieved from Youth Do It : https: www youthdoit org

Cilliers E J 2017 The Challenge of Teaching Generation Z PEOPLE : International Journal of Social Sciences 188 198

DeVaney S A 2015 Understanding the Millenial Generation Journal of Financial Services Professionals 11 14

Fahreza S Lindawati K Sayekti A 2019 Analisis Faktor Engagement Karyawan Generasi Milenial pada Perusahaan Berbasis Ekonomi Kreatif Bogor: Jurnal Manajemen Indonesia

Fatricova J Kirchmayer Z 2018 Barriers to Work Motivation of Generation Z Journal of HUMAN RESOURCE MANAGEMENT 28 39

Feist J Feist G J Roberts T A 2018 Theories of Personality 9th Edition New York: McGraw Hill Education

Francis T Hoefel F 2018 True Gen : Generation Z and its Implications for Companies The Influence of Gen Z

Hamali A Y 2016 Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia Strategi Mengelola Karyawan Yogyakarta: CAPS Center for Academic Publishing Service

Hart R A 1992 Children s Participation From Tokenism to Citizenship Florence: UNICEF International Child Development Centre

Iskandar Y 2019 Februari 4 Hierarki Kebutuhan Maslow Pengertian Karyawan adalah Salah Satu Tahap dalam Branding Retrieved from Brand Adventurer Indonesia: https: brandadventureindonesia com

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dengan Badan Pusat Statistik 2018 Statistik Gender Tematik: Profil Generasi Milenial Indonesia Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

Kinanti A 2022 Juni 8 Meaningful Youth Participation Saatnya Anak Muda Melibatkan Diri Retrieved from Rise: https: rise indonesia org

Ladder of Youth Participation 2020 Maret 29 Retrieved from Trainers Library: https: www trainerslibrary org

M K D 2022 Februari 4 Perlu Partisipasi Publik dalam Pembentukan UU agar Tercipta Meaningful Participation Retrieved from Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia: https: www dpr go id

Manson M 2018 Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat Jakarta: Gramedia

Marisa C 2020 Gambaran Motivasi Belajar pada Siswa Generasi Z dan Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling 21 32

Netondo C 2021 November 11 Here s What Meaningful Youth Engagement Looks Like Retrieved from IYF Blog: https: iyfglobal org blog

Nevendorff L Dewiyanti L P Mahanani M M Praptoraharjo I 2018 Kajian Situasi Partisipasi Bermakna Remaja Orang Dewasa sebagai Tahap Awal dalam Studi Operasional GUSO Pusat Penelitian HIV AIDS Unika Atma Jaya

Oliver K G Collin P Burns J Nicholas J 2006 Building Resilience in Young People Through Meaningful Participation Australian e Journal for the Advancement of Mental Health AeJAMH

Patioran D N n d HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DAN AKTUALISASI DIRI Samarinda

Perdana A K 2019 Generasi Milenial dan Strategi Pengelolaan Studi Pemuda

Pratama G Elistia 2020 Analisis Motivasi Kerja Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Dimediasi Kepuasan Kerja pada Angkatan Kerja Generasi Z Jurnal Ekonomi 144 152

Putra Y S n d Theoritical Review : Teori Perbedaan Generasi

Putro T A Prameswari N A Qomariyah O 2020 Stres Kerja Keterlibatan Kerja dan Intensi Turnover pada Generasi Milenial Psikostudia: Jurnal Psikologi 154 163

Sakitri G n d Selamat Datang Gen Z Sang Penggerak Inovasi

Sudaryono 2017 Metodologi Penelitian Depok: Rajagrafindo Persada

Sugiyono 2021 Metode Penelitian Administrasi Bandung: ALFABETA

Sutrisno E 2010 Manajemen Sumber Daya Manusia Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Syahrial R 2022 Analysis of The Effect of Training on The Performance of Generation Z Employees in The VUCA Era Volatility Uncertainty Complexity and Ambiguity International Journal of Economics Business and Accounting Research IJEBAR 1 6

Tambuwun E Sahrani R 2023 Hubungan Antara Tuntutan Kerja dan Burnout dengan Motivasi Kerja sebagai Moderator pada Karyawan Kalangan Generasi Z di DKI Jakarta Journal on Education 3580 3592

Tan S Suherman M 2020 Milenial Turnover Jakarta: KPG Kepustakaan Populer Gramedia

United Nations Major Group for Children and Youth 2017 Principles and Barriers for Meaningful Youth Engagement

Wicaksana S A Nurika R Asrunputri A P 2020 Gambaran Etos Kerja pada Karyawan Generasi Milenial di PT X ISOQUANT: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Akuntansi 186 197

Downloads

Published

2024-12-27

How to Cite

Pengaruh Meaningful Youth Participation Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Gen Z di DKI Jakarta. (2024). Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(2), 197 218. https://doi.org/10.53682/mk.v5i2.10473