Persepsi Kemudahan, Persepsi Kegunaan, dan Efikasi Diri Pelaku Usaha Kecil dan Menengah Terhadap Minat Pengunaan Aplikasi Pencatatan Keuangan Berbasis Android

Authors

  • Intan Immanuela Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya kampus Madiun
  • Haris Wibisono Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Kampus Madiun

DOI:

https://doi.org/10.53682/mk.v4i2.7449

Keywords:

perceived ease of use, perceived usefullness, self efficacy

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi informasi akan mempengaruhi dunia bisnis untuk kebutuhan bisnisnya, baik untuk bertransaksi dengan pembeli untuk pencatatan transaksi maupun untuk penyusunan laporan keuangan sesuai dengan persyaratan dalam standar akuntansi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris tentang persepsi kemudahan, persepsi kegunaan, dan efikasi diri pelaku usaha kecil dan menengah terhadap minat penggunaan aplikasi pencatatan keuangan berbasis android. Jenis penelitian ini adalah pengujian hipotesis dan mengkaji hubungan kausal atau pengaruh persepsi kemudahan, persepsi kegunaan, dan efikasi diri terhadap minat menggunakan aplikasi pencatatan keuangan berbasis android. Dimensi waktu penelitian menggunakan cross sectional, yaitu data yang dikumpulkan pada periode waktu tertentu dan pada tempat tertentu. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada pemilik Usaha Kecil dan Menengah, dan sebanyak 36 kuesioner dapat diproses. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan persepsi kemudahan tidak berpengaruh, sedangkan persepsi kegunaan, dan efikasi diri mempengaruhi minat penggunaan aplikasi pencatatan keuangan berbasis android pada pemilik Usaha Kecil dan Menengah di Kota Madiun. 

 

The rapid development of information technology will affect the business world for its business needs, both for transacting with buyers and for recording transactions and for preparing financial reports according to the requirements in accounting standards. The purpose of this research is to obtain empirical evidence about the perceived ease, perceived usefulness, and self efficacy of small and medium business actors on interest in using android-based financial recording applications. This type of research is hypothesis testing and examines the causal relationship or influence between perceived ease, perceived usefulness, and self efficacy on interest in using android-based financial recording applications. The time dimension of the research uses cross sectional, namely data collected at a certain period-of-time and at a certain place. The study was carried out in the field by distributing questionnaires to owners of Small and Medium Enterprises, and as many as 36 questionnaires could be processed. This study uses multiple regression analysis. The results of the study were that the perceived ease of use variable had no effect, while the perceived usefulness variable, and self efficacy influenced interest in using android-based financial recording applications on Small and Medium Business owners in Madiun City.

References

Aryanto , & Farida, I. (2021). Persepsi Pengguna Aplikasi Pencatatan Keuangan Berbasis Android pada UMKM di Kota Tegal. Jurnal Politeknik Caltex Riau, 281–290.

Aulia, R., Rizka, A., Lestari, E. S., Jonathan, R. R., & Purbandari, T. (2019, Oktober). Analisis Faktor Kritis yang Mmempengaruhi Minat Penggunaan. Jurnal Keuangan dan Bisnis, 23-37. doi:10.32524/jkb.v17i2.521

Baydhia, M., & Haryati, T. (2021). Penggunaan Aplikasi Akuntansi Berbasis Mobile Pada UMKM di Sidoarjo. Prosiding Senapan (Seminar Nasional Akuntansi. 1, pp. 70-78. Surabaya: upnjatim.

Davis, F. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS quarterly, 13, 319-340.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete SPSS 25 Edisi 9. Semarang: Universitas Diponegoro.

Gunawan, A. B., & Mujilan. (2021). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Persepsi Kegunaan, Kepercayaan, dan Computer Self Efficacy terhadap Minat Penggunaan E-SPT Pada Pemilik Usaha Mikro dan Kecil di Kota Madiun. Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi, 124-137. doi:https://doi.org/10.33508/jrma.v9i2

Mahdi, M. (2022, Januari Rabu). https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/berapa-jumlah-umkm-di-indonesia. Retrieved from dataindonesia.id: https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/berapa-jumlah-umkm-di-indonesia

Mahrus, M. L., Almadia, F., & Jelita, N. B. (2020). Retrieved from http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/keberlanjutan/article/view/7584

Najib, M., & Fahma. (2020). Investigating the Adoption of Digital Payment System through an Extended Technology Acceptance Model: an Insight from the Indonesian Small and Medium Enterprises. International Journal on Advanced Science Engineering.

Permana, P. A. (2018). Penerapan Metode TAM (Technology Acceptance Model) dalam Implementasi Sistem Informasi Bazzar Banjar. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi , 10, 1-7. Retrieved from speed.web.id

Rindivenessia, A., & Fikri, M. A. (2021). Peran Self-Efficacy dan Sikap Keuangan sebgai Variabel Mediasi Pada Pengaruh Pengetahuan Keuangan terhadap Perilaku Keuangan. Derivatif : Jurnal Manajemen, 125-141.

Sinarwati , N. (2017). Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Mobile bagi UMKM. Seminar Nasional Riset Inovatif (SENARI), 44-49.

Widiyasari, R., & Achadiyah, B. N. (2019). omputer Anxiety, Computer Self-Efficacy dan Perceived Usefulness oleh Pelaku UMKM. Jurnal Akuntansi Aktual, 203-214. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jaa

Downloads

Published

2023-11-28

How to Cite

Immanuela, I., & Wibisono, H. (2023). Persepsi Kemudahan, Persepsi Kegunaan, dan Efikasi Diri Pelaku Usaha Kecil dan Menengah Terhadap Minat Pengunaan Aplikasi Pencatatan Keuangan Berbasis Android. Manajemen Dan Kewirausahaan, 4(2), 81-92. https://doi.org/10.53682/mk.v4i2.7449