Pembelajaran Matematika di SMP Negeri 1 Motoling Pada Masa New Normal
DOI:
https://doi.org/10.53682/marisekola.v3i1.1069Keywords:
Pembelajaran Matematika, Pandemi Covid-19, New NormalAbstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah akibat adanya pencegahan penyebaran virus
Covid-19 maka semua sektor termasuk sektor pendidikan melakukan perubahan pembelajaran pada masa New Normal ini. Tujuan diadakannya pengkajian ini yaitu untuk memahami perubahan pembelajaran yang terjadi akibat pandemi Covid-19 khususnya di sekolah SMP Negeri 1 Motoling. Penelitian ini dikategorikan sebagai pengkajian deskriptif dengan metode kualitatif. Subjek dalam pengkajian ini adalah guru dan 30 siswa. Informasi hasil pengkajian dikaji dengan cara menganalisa variabel dan mendeskripsikan variabel yang akan di teliti yang melibatkan metode wawancara untuk memperoleh informasi dengan cara bertanya kepada responden, dan menggunakan angket untuk memperoleh data respon siswa terhadap pembelajaran kemudian ditafsirkan dengan kriteria penafsiran persentase jawaban angket. Berdasarkan hasil penelitian, data yang diperoleh yaitu dari 30 siswa yang menjadi subjek penelitian, hampir setengah siswa (31%) merasakan perubahan pembelajaran yang ada sebab terjadinya pandemi Covid-19 dan memberikan pengaruh terhadap siswa dan guru sehingga mengakibatkan efek, baik positif maupun negatif. Adapun kesulitan yang dihadapi berkenaan dengan waktu yang terbatas untuk melaksanakan pembelajaran sehingga menimbulkan kendala-kendala yang lain. Namun, pembelajaran yang diterapkan saat ini mendorong siswa untuk giat belajar mandiri dan terbiasa menggunakan IT.