Deskripsi Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Materi Bentuk Akar

Authors

  • Witriastika H. Muda Universitas negeri manado
  • Santje M. Salajang Universitas Negeri Manado
  • Murni Sulistyaningsih Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/marisekola.v3i2.1115

Keywords:

Analisis Kesalahan, Bentuk akar, Jenis Kesalahan, Teori Newman.

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal materi bentuk akar berdasarkan teori Newman. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengambilan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Tes tertulis diberikan kepada peserta didik secara daring terdiri dari 10 soal, kemudian dilakukan wawancara yang dipilih berdasarkan jenis kesalahan yang berbeda. Tahapan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini  adalah mengidentifikasi data kesalahan menurut teori newman, menunjukkan jenis kesalahan dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kesalahan yang paling sering terjadi adalah  kesalahan penentuan jawaban akhir dengan persentase sebesar 21,70%, kesalahan proses penyelesaian yaitu sebesar 13,69% setelah itu kesalahan transformasi sebesar 8,01%. Peserta didik masih salah dalam membaca soal  yang diberikan, kemudian tidak menangkap informasi dengan benar pada soal atau salah menetapkan yang diketahui pada soal dan adapun kesalahan yang sering terjadi saat menentukan jawaban akhir yaitu  salah pada tahap menyederhanakan bentuk akar.

Downloads

Published

2022-10-31

Issue

Section

Articles