Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Kriteria Watson pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 3 Bitung
DOI:
https://doi.org/10.53682/marisekola.v3i2.1156Keywords:
Analisis, Kriteria Kesalahan Watson, Soal Cerita MatematikaAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi letak kesalahan siswa dan penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita statistika dengan menggunakan Kriteria kesalahan Watson. Penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif ini menggunakan 14 subjek penelitian dari kelas XII IPA-1 SMA Negeri 3 Bitung. Instrumen yang digunakan berupa tes dan wawancara. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa letak kesalahan siswa adalah data tidak tepat, prosedur tidak tepat, data hilang, kesimpulan hilang, manipulasi tidak langsung, masalah hierarki keterampilan, dan selain ketujuh kategori di atas. Kesalahan tersebut terjadi karena antara lain tidak terbiasanya siswa mengerjakan soal dengan teknik sederhana tanpa melalui tahapan yang sesuai dengan soal cerita, kurang ketelitian siswa dalam mengerjakan soal karena sering tergesa-gesa, tidak terbiasanya siswa mencantumkan kembali informasi yang diketahui serta ditanyakan, siswa berpendapat itu bukan hal yang utama untuk dikerjakan, kurangnya pengertian siswa mengenai makna dari soal sehingga salah dalam memastikan rumus yang akan digunakan, tidak terbiasanya siswa memeriksa ulang jawaban setelah melakukan perhitungan.