Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear di SMA Negeri 1 Moronge
DOI:
https://doi.org/10.53682/marisekola.v3i1.1157Keywords:
Analisis Kesalahan, Soal Cerita, Prosedur Newman, Program LinearAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan dan faktor penyebab kesalahan siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Moronge dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi program linear berdasarkan prosedur Newman. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan tes tertulis berupa soal uraian yang terdiri dari 3 butir soal, wawancara dan dukumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Moronge yang berjumlah 18 siswa. Subjek untuk diwawancara diambil 4 siswa dari 18 siswa kelas XI MIA, yang dipilih berdasarkan pertimbangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi program linear berdasarkan prosedur Newman yaitu: kesalahan memahami masalah, kesalahan transformasi masalah, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban akhir. Faktor penyebabnya adalah siswa tidak menguasai materi program linear, kurangnya pemahaman siswa tentang simbol-simbol yang ada pada soal matematika, lemahnya kemampuan siswa dalam mengubah soal cerita matematika menjadi model matematika, siswa belum menguasai materi-materi prasyarat yang mendukung dalam menyelesaikan soal program linear, siswa tidak tahu langkah-langkah yang akan digunakan dalam menyelesaikan soal program linear, asal-asalan dalam mengerjakan soal, mengerjakan soal secara terburu-buru, dan tidak teliti dalam mengerjakan soal.